Ilustrasi puding kelapa gula merah.
Ilustrasi puding kelapa gula merah. ( Dok. Sajian Sedap)

Takjil Adem Di Tenggorokan, Berikut Resep Puding Kelapa Gula Merah

20 Maret 2023 16:19 WIB

SonoraBangka.id - Kombinasi agar-agar, gula merah, dan kelapa, menciptakan rasa tradisional yang nikmat. Kamu bisa membuat puding kelapa gula merah untuk takjil buka puasa segar.  Selain enak, puding kelapa gula merah ini juga terbilang praktis karena sekali buat dapat porsi besar untuk buka puasa keluarga. Simak resep puding kelapa gula merah dari Sajian Sedap, cocok jadi hantaran atau hamper Ramadhan juga. 

Resep puding kelapa gula merah

Bahan

2.400 ml santan dari 1 butir kelapa

2 bungkus agar-agar bubuk

2 sendok teh jeli

4 lembar daun pandan

Setengah sendok teh garam

500 gram gula merah sisir

4 buah kelapa muda, keruk lebar

Cara membuat puding kelapa gula merah: 

1. Masukkan agar-agar, jeli, dan santan dalam panci. Aduk sampai bubuknya tidak gumpal.

  2. Panaskan campuran tersebut di kompor api sedang, masukkan gula, garam, dan daun pandan. Aduk sampai mendidih. 

3. Tata daging kelapa di dasar loyang puding, tuangkan campuran puding sampai seperempat loyang. Biarkan kaku. Panasan lagi sisa puding, tuangkan ke loyang. Ini untuk membentuk dua warna yang cantik.  Jika tidak ingin membuat lapisan warna, bisa langsung tuangkan cairan puding sekali tuang. Biarkan kaku, lalu simpan di kulkas.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Puding Kelapa Gula Merah, Takjil Adem di Tenggorokan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/20/130200775/resep-puding-kelapa-gula-merah-takjil-adem-di-tenggorokan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm