Ilustrasi french fries atau kentang goreng
Ilustrasi french fries atau kentang goreng ( shutterstock/Fischer Food Design)

Bukan Cuma Digoreng, Berikut 6 Ide Cara Masak Kentang Untuk Sahur

23 Maret 2023 12:52 WIB

SonoraBangka.id - Penyajian kentang di Indonesia paling sering diolah menjadi pengganti nasi, lauk, dan camilan. Selain mudah didapat, tekstur dan cita rasa kentang yang netral juga membuatnya cocok dijadikan aneka makanan. Cara mengolah kentang juga cukup sederhana. Kamu bisa menyesuaikan hidangan yang ingin dibuat dengan metode memasak yang ada. Selengkapnya, simak enam cara memasak kentang dari buku "Hidangan Pembuka & Pelengkap - Sayuran & Kentang" (2013) oleh Guspri Devi Artanti, Cucu Cahyana terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

1. Rebus kentang untuk membuat sup

Cara memasak kentang paling sederhana adalah merebusnya. Alat yang dibutuhkan hanya panci masak biasa, sementara kebutuhan bahannya hanya air. Sebelum dimasukkan ke dalam air, kentang harus dalam keadaan bersih dari kulit. Jika diperlukan, potong kentang menjadi beberapa bagian. Biarkan kentang dimasukkan ke dalam panci yang masih berisi air dingin, pastikan kentang sepenuhnya tertutup dengan air. Cukup memasak kentang rebus sampai airnya mendidih. Kamu bisa melanjutkan pembuatan sup dengan isian kentang menggunakan api kompor kecil.

2. Goreng kentang untuk aneka sajian

Kentang goreng bisa dijadikan french fries, potato wedges, atau keripik kentang untuk camilan. Sama seperti sebelumnya, kamu bisa membersihkan dan memotong kentang sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kentang selanjutnya bisa digoreng dalam minyak banyak. Kemudian, diangkat dan ditaburi garam saat matang.

3. Panggang kentang hemat minyak

Tanpa menambahkan air dan minyak, kamu bisa memanggang kentang di oven sampai matang. Kentang hanya perlu dibersihkan, tanpa dikuliti, untuk menghilangkan kotoran di bagian luarnya. Kamu dapat membelah kentah menjadi dua agar lebih cepat matang, lalu menusuk kentang dengan garpu agar uappnya mudah lepas.

4. Bikin kentang kukus

Ide memasak kentang lain bisa berupa kentang kukus. Setelah matang, hasil kukusan ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi beragam makanan. Masukkan kentang yang sudah ditempatkan di wadah tahan panas, saat air kukusan sudah mendidih. Biarkan kentang dikukus sampai matang. Kentang kukus biasanya memiliki tekstur lembut seperti direbus, tetapi tidak begitu berair, jadi mengolahnya pun lebih mudah.

5. Haluskan kentang 

Sajian kentang halus yang paling sering ditemukan adalah mashed potato dan duchess potato. Keduanya sama-sama perlu direbus atau dikukus terlebih dulu agar lebih mudah dihaluskan saat matang. Kamu harus mencampur kentang halus dengan susu hangat, mentega, garam, dan merica untuk membuat mashed potato. Jika ingin membuat duchess potato, campur kentang dengan kuning telur, mentega, garam, dan merica.

6. Tumis kentang hingga kecoklatan

Terakhir, kamu bisa memilih opsi menumis kentang untuk membuat sajian sederhana dan nikmat. Caranya, bersihkan dan potong kentang sesuai ukuran yang diinginkan, lebih kecil maka lebih cepat matang. Masukkan ke dalam sedikit minyak, tumis dan beri bumbu, masak hingga matang dan kecoklatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Ide Masak Kentang untuk Sahur dan Buka Puasa, Bukan Cuma Digoreng", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/23/100600475/6-ide-masak-kentang-untuk-sahur-dan-buka-puasa-bukan-cuma-digoreng?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm