Ilustrasi tempe goreng atau tempe mendoan.
Ilustrasi tempe goreng atau tempe mendoan. ( SHUTTERSTOCK/Rifki Alfirahman)

Bisa Untuk Ide Jualan Takjil, Berikut Cara Membuat Tempe Mendoan

25 Maret 2023 13:21 WIB

SonoraBangka.id - Tempe mendoan berasal dari Banyumas Jawa Tengah, yaitu tempe dicampur dengan tepung dan irisan potongan bawang atau kucai, kemudian digoreng. Tempe mendoan dibuat dengan bahan tempe, daun bawang, kucai, telur, santan encer, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, garam, merica dan kunyit. Tempe mendoan semakin nikmat disajikan bersama saus kecap yang terbuat dari cabai rawit, kecap manis, jeruk limau, dan air hangat. Simak resep tempe mendoan berikut ini, dikutip dari buku "200 Resep Pilihan Masakan & Jajanan Khas Daerah" (2015) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep tempe mendoan

Bahan:

150 gram tepung terigu

250 ml santan encer

1 butir telur, kocok lepas

2 batang daun bawang, iris tipis

4 batang kucai, iris tipis

10 lembar tempe mendoan Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm