lustrasi makanan beku atau frozen food  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Belanja Frozen Food agar Tetap Beku sampai Tiba di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/25/070800675/5-tips-belanja-frozen-food-agar-tetap-beku-sampai-tiba-di-rumah?page=all#page2. Penulis : Krisda Tiofani Editor : Silvita Agmasari  Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6
lustrasi makanan beku atau frozen food Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Belanja Frozen Food agar Tetap Beku sampai Tiba di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/25/070800675/5-tips-belanja-frozen-food-agar-tetap-beku-sampai-tiba-di-rumah?page=all#page2. Penulis : Krisda Tiofani Editor : Silvita Agmasari Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6 ( shutterstock/BravissimoS)

Agar Tetap Beku Sampai Rumah, Berikut 5 Tips Belanja Frozen Food

26 Maret 2023 06:36 WIB

SonoraBangka.id -  Frozen food atau makanan beku sering dijadikan alternatif sahur praktis. Makanan beku bisa disimpan lebih lama hingga berbulan-bulan dibandingkan dengan bahan makanan segar yang baru dibeli. Namun, suhu makanan beku harus tetap terjaga selama belum diolah untuk mencegah kualitasnya menurun. Jika tidak teliti, makanan beku bisa mencair tidak lama setelah dibeli, padahal belum siap untuk dimasak pada hari yang sama. Kamu bisa menyimak tips belanja frozen food agar tetap beku saat sampai di rumah, seperti dilansir buku "Home Made Frozen Food" (2016) oleh Yuyun Alamsyah terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini. 

1. Bawa wadah pendingin

Tas belanja biasa tidak bisa menahan suhu beku frozen food terjaga selama di perjalanan sampai rumah. Makanan beku ini justru akan mencair perlahan. Gabus atau stirofoam adalah pilihan paling tepat yang bisa digunakan untuk wadah menjaga suhu makanan beku. Kamu juga bisa membawa cooler bag yang berukuran lebih kecil. Apa pun pilihan kedua wadah tersebut, pastikan untuk menutup rapat saat menyimpan makanan beku di dalamnya.

2. Beli frozen food di akhir sesi belanja

Waktu belanja pada awal, tengah, atau akhir bulan biasanya dihabiskan dengan membeli banyak kebutuhan makanan selama beberapa hari atau minggu. Sebaiknya, miliki perencanaan belanja bahan makanan sebelum datang ke pasar atau supermarket. Kemudian, taruh daftar frozen food di daftar terakhir. Cara ini bertujuan untuk mencegah makanan beku mencair saat sibuk memutari tempat belanja saat mencari makanan lain. 

3. Pilih makanan beku yang keras

Meski sama-sama beku, ada saja tekstur frozen food yang cenderung lembek karena salah penyimpanan. Perhatikan baik-baik saat memilih makanan beku, ambil frozen food yang terasa keras saat dipegang dan hindari makanan yang sudah lunak. Lihat juga kemasan frozen food, ambil yang paling rapi dan tertutup rapat, tidak robek, kotor, apalagi rusak.

4. Belanja makanan beku saat malam hari 

Selanjutnya, pilih makanan beku yang bersih dari bunga es, tetapi teksturnya benar-benar keras. Kamu bisa membelinya pada malam hari untuk menghindari panasnya sinar matahari saat siang hari, terlebih bila jarak tempat eblanjanya jauh dari rumah.

5. Langsung masukkan freezer saat sampai di rumah

Keluarkan makanan beku dari stirofoam atau tas pendingin begitu sampai di rumah, langsung masukkan ke dalam freezer. Atur suhu freezer di bawah nol derajat celsius untuk menjaga suhu makanan tetap beku selama belum dimasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Belanja Frozen Food agar Tetap Beku sampai Tiba di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/25/070800675/5-tips-belanja-frozen-food-agar-tetap-beku-sampai-tiba-di-rumah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm