ilustrasi cincau hitam.
ilustrasi cincau hitam. ( SHUTTERSTOCK/Witanto Gallery)

Tips Dari Penjual, Berikut 2 Cara Membersihkan Cincau Hitam

30 Maret 2023 06:37 WIB

SonoraBangka.id - Pastikan untuk membersihkan cincau hitam sebelum mengolahnya untuk takjil. Cara membersihkan cincau hitam sama seperti cincau lainnya. Kamu harus melakukan beberapa langkah untuk menghilangkan kotoran yang ada. Penjual cincau hitam di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Isa, membagikan dua cara membersihkan cincau hitam berikut ini. 

1. Cuci bersih cincau hitam 

Biarkan cincau utuh dan tempatkan di mangkuk. Letakkan wadah berisi cincau di bawah air mengalir. Usap-usap permukaan cincau dan sisi sebaliknya hingga kotoran di sekitarnya hilang. Jika melihat permukaan cincau hitam memiliki gumpalan berwarna kecoklatan, Isa mengatakan, tidak masalah bila ingin membiarkannya. Gumpalan berwarna kecoklatan pada cincau hitam merupakan hasil pemasakan gula yang mengambang. Namun, bila ingin terlihat bersih, tidak ada salahnya untuk memotong bagian ini saat mencuci cincau.

2. Potong kotak-kotak dan bilas 

"Kalau sudah dicuci, cincau hitamnya dipotong -potong dulu," kata Isa saat ditemui Kompas.com, Jumat (24/3/2023). Cincau banyak digunakan dalam bentuk potongan dadu. Setelah memotongnya merata, bilas sebentar cincau untuk memastikan kebersihannya. Setelah itu, kamu bisa memasaukkan potongan cincau hitam ke dalam campuran es.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Bersihkan Cincau Hitam untuk Bikin Takjil, Tips dari Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/29/133600575/2-cara-bersihkan-cincau-hitam-untuk-bikin-takjil-tips-dari-penjual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm