ilustrasi pepes tahu.
ilustrasi pepes tahu. ( SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo)

Agar Tidak Langu Dan Bumbunya Meresap, Berikut 8 Cara Membuat Pepes

30 Maret 2023 07:01 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak kreasi pepes ala rumahan yang bisa dibuat dengan sederhana. Misalnya saja, aneka pepes bumbu kuning. Biasanya, saat membuat pepes ikan atau pepes lainnya yang menggunakan bumbu kuning. Ada rasa atau bau yang sedikit langu terasa setelah pepes dikukus. Dilansir dari beberapa sumber, ada tips membuat pepes bumbu kuning agar tidak langu dan bumbunya meresap maksimal. 

1. Tumis bumbu halus

Dilansir dari majalah Sedap / ED 02 2015 terbitan PT Gramedia, sebaiknya bumbu halus untuk pepes ditumis sebelum digunakan. Hal ini agar aromanya keluar dan tercium harum.

2. Lakukan pengukusan yang cukup lama

Jika kamu lupa untuk menumis bumbu pepes ikan atau ayam, ada baiknya untuk melakukan pengukusan dalam durasi yang cukup lama. Hal ini untuk menghindari pepes memiliki bau langu.

3. Bakar atau goreng bahan bumbu pepes

Selain menumis bumbu pepes, bahan yang sudah disiapkan juga bisa dibakar atau digoreng untuk menghilangkan bau langu. Kamu bisa langsung membakar atau menggorengnya dalam keadaan utuh sebelum dihaluskan.

4. Gunakan serai

Dilansir dari majalah majalah Saji ED 380 April 2017 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada rahasia membuat pepes ikan agar harum. Salah satunya dengan menggunakan serai. Penggunaan serai bisa dilakukan untuk mengalasi wajan agar ikan tidak cepat gosong saat dipanggang. Lihat Foto ilustrasi pepes tahu. 

5. Lumuri ikan dengan bumbu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm