Balancing roda (Autoban)
Balancing roda (Autoban) ( KOMPAS.COM)

Tiga Ciri Ban Mobil Waktunya Untuk Melakukan Balancing

1 April 2023 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Roda pada mobil memiliki perang yang sangat penting. Fungsinya cukup krusial karena menjadi bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan.

Karena itu, penting bagi pemilik mobil tak mengabaikan kondisinya. Perawatan perlu dilakukan, salah satunya melakukan pengecekan guna memastikan kondisinya tetap stabil.

Bicara tentang kestabilan, salah satu bentuk perawatan yang perlu dilakukan pemilik mobil adalah melakukan balancing roda. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga laju mobil tetap nyaman dikendarai tanpa ada getaran berlebih.

National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono, sebelumnya pernah menjelaskan, untuk menjaga kestabilan roda maka dibutuhkan balancing.

"Balancing adalah sebuah proses penyeimbangan antara titik atas dan bawah, serta kanan dan kiri ban kendaraan dengan menambahkan bobot agar menjadi lebih seimbang," ucap Apri beberapa waktu lalu.

Menurut Apri, ada beberapa faktor yang mempengaruhi roda kehilangan kestabilan. Dari segi internal karena ada masalah pada sistem suspensi akibat tidak meratanya distribusi beban pada keempat ban.

Sementara faktor eksternal, bisa dipicu karena kebiasaan menyetir yang kurang baik. Contoh seperti pengereman mendadak, yang mengakibatkan ban menjadi tidak seimbang.

Apri menjelaskan, salah satu ciri roda membutuhkan balancing adalah saat pengendara merasakan getaran berlebih ketika mengemudi pada kecepatan tinggi, terutama di jalan tol.

Namun untuk mempermudah mengenali roda mobil yang sudah waktunya balancing, Apri menjelaskan setidaknya ada tiga tandanya, yakni :

Tidak nyaman

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm