Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan ( Nathan Dumlao)

Pernah Alami Delusi Cinta? Ini Contoh Erotomania di Dunia Nyata dan Langkah Mengatasinya

2 April 2023 07:21 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, delusi cinta atau dikenal dengan istilah erotomania merupakan kondisi mental yang bisa dibilang cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, orang yang mengalami erotomania akan meyakini bahwa ada orang tertentu yang jatuh cinta padanya.

Dalam delusinya, orang dengan kondisi erotomania juga percaya kalau "objek" yang menurutnya mencintainya itu melakukan hal-hal romantis padanya.

Sebagai contoh, mereka yakin orang tersebut mengirimkan pesan mesra, bersikap posesif, sering memperhatikannya, dan sebagainya.

Melansir Health Line, kondisi erotomania sendiri bisa berlangsung dalam waktu singkat atau lama.

Kondisi ini bisa muncul dan memburuk secara tiba-tiba, dan cenderung dipicu oleh gangguan kesehatan mental lainnya.

Erotomania mungkin terjadi pada orang yang mengalami gangguan kejiwaan, semisal skizofrenia, gangguan skizoafektif, dan gangguan bipolar.

Contoh Kasus Erotomania

Kawan Puan yang menyukai drama Korea, kamu bisa menyaksikan drakor berjudul Link: Eats, Love, Kill yang dibintangi Moon Ga Young dan Yeo Jin Goo.

Moon Ga Young memerankan karakter No Da Hyun yang tidak pernah beruntung dalam berhubungan dengan laki-laki.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm