Pintu mobil yang presisi jadi patokan mobil bebas laka(Dicky Aditya Wijaya)
Pintu mobil yang presisi jadi patokan mobil bebas laka(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Untuk Menutup Pintu Mobil yang Benar, JanganDibanting

4 April 2023 21:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain melihat kondisi jalan saat membuka pintu mobil, pengemudi atau penumpang perlu juga memperhatikan etika dalam menutup pintu. Secara aturan sebaiknya ditutup pelan-pelan, tidak dengan dibanting. 

Kalau pintu ditutup paksa, akan membuat komponen pengait dan engsel bergeser atau rusak. Pintu mobil akan sulit untuk dibuka dan digunakan seperti biasanya. 

"Menutup pintu, jangan keras-keras karena ada beberapa komponen yang seperti dibanting. Engsel tertekan dan bisa macet, akibatnya pintu akan sulit dibuka, seret istilahnya," kata Ragil, Pemilik Bengkel Pintu Ragil, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Engsel pintu mobil itu dikhawatirkan terlepas atau tidak presisi. Hasilnya, pintu tidak bisa tertutup rapat. Kondisi itu juga biasanya ditandai pintu yang sulit untuk dibuka dan ditutup.

Sementara itu, karet pintu juga akan gampang rusak karena mendapatkan tekanan yang berlebihan.

"Pelan-pelan saja saat menutup, karet jika kempis itu pintu seperti berbenturan besi ketemu besi. Selain itu fungsinya juga untuk peredam suara asing biar di dalam kabin senyap," kata Ragil. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Nissan Setiabudi Semarang Andika Herda Permana menyarankan agar pintu mobil diperlakukan penuh perasaan dan tidak kasar. 

"Pintu mobil sama seperti komponen lainnya, membutuhkan perawatan khusus. Biasanya komponen di dalamnya itu dilumasi dengan cairan khusus agar tidak berkarat. Termasuk, saat menggunakan, dibuka dan ditutup wajar, jangan full pakai tenaga," ucap Andika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Menutup Pintu Mobil yang Benar, Jangan Dibanting", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/04/141200115/begini-cara-menutup-pintu-mobil-yang-benar-jangan-dibanting.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm