Ilustrasi Steam Games
Ilustrasi Steam Games ( KOMPAS.com)

Mulai 2024, Steam Tidak Bisa Lagi Digunakan di Beberapa Varian Windows

5 April 2023 08:04 WIB

SonoraBangka.ID - Platform distribusi game Steam akan menyetop dukungan untuk sistem operasi (OS) Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 pada 1 Januari 2024.

Artinya, pengguna komputer (PC) yang ingin memakai layanan Steam harus segera melakukan pembaruan (update) OS ke Windows 10 atau Windows 11.

"Untuk terus menjalankan Steam, game, dan produk lain yang dibeli lewat Steam, pengguna harus memperbarui (sistem operasi) ke versi Windows yang lebih baru," tulis Valve, di laman resmi Steam.

Menurut Valve, ada dua faktor yang melatarbelakangi penghentian dukungan sistem operasi Windows lawas untuk Steam.

Pertama, fitur utama Steam membutuhkan versi Google Chrome yang kini tidak dapat berfungsi di versi Windows yang lawas.

Kedua, Steam ke depannya akan membutuhkan fitur dan pembaruan keamanan yang hanya tersedia di Windows 10, 11, atau versi yang lebih baru.

Windows sendiri memang sudah mengakhiri dukungan pembaruan keamanan dan layanan teknis Windows 7 pada Januari 2020 diikuti Windows 8.1 pada Januari lalu.

Akibatnya, komputer yang menjalankan kedua sistem operasi tersebut rentan terhadap malware. Valve mengimbau pengguna untuk segera melakukan update sistem operasi jika ingin tetap menggunakan Steam.

Survei Steam sendiri per Maret 2023 terkait penggunaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), mengungkapkan bahwa masih ada pengguna Steam yang menggunakan Windows 7 meski lebih sedikit.

Dari 97,75 persen pengguna Steam yang memakai Windows, hanya 0,05 persen di antaranya menjalankan Windows 7, sedangkan 1,06 persen pengguna Steam mengandalkan versi 64 bit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm