Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati memberikan pemaparan dalam Rapat Kerja Komisi VII di Ruang Rapat Komisi VII, Gedung Nusantara I, Komplek DPR RI, Jakarta, Selasa, (4/4/23).
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati memberikan pemaparan dalam Rapat Kerja Komisi VII di Ruang Rapat Komisi VII, Gedung Nusantara I, Komplek DPR RI, Jakarta, Selasa, (4/4/23). ( DOK. Humas Pertamina)

Pertamina Janji Perbaikan Rumah Warga Akibat Ledakan Kilang Dumai Rampung Sebelum Lebaran

5 April 2023 08:13 WIB

SonoraBangka.ID - PT Pertamina (Persero) memastikan tidak ada warga di sekitar Kilang Dumai, Riau yang akan direlokasi usai failitas tersebut kebakaran pada Sabtu (1/4/2023). Rumah warga yang rusak pun akan diperbaiki oleh Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, perbaikan rumah warga yang terdampak ledakan di Kilang Dumai bakal rampung sebelum Lebaran.

"Tidak ada yang perlu direlokasi (usai Kilang Dumai kebakaran) karena rumah-rumahnya masih layak untuk dihuni, dan akan kami perbaiki sebelum Lebaran ini targetnya," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Sementara itu, Direktur Utama KPI, Taufik Aditiyawarman menambahkan, terdapat 418 unit rumah warga yang mengalami rusak ringan akibat insiden ledakan pada area gas compressor Kilang Dumai. Selain itu, ada 4 masjid dan 3 sekolah turut mengalami kerusakan.

Pihaknya pun telah membentuk tim khusus untuk melakukan verifikasi data perbaikan rumah warga bersama pemerintah daerah, RT, RW, serta aparat penegak hukum setempat.

Taufik bilang, rata-rata kerusakan bangunan akibat ledakan tersebut masuk dalam kategori ringan, berupa keretakan kaca dan plafon.

"Kami punya target bahwa perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial selesai 7 April 2023 agar bisa digunakan selama Ramadhan, dan perbaikan rumah warga ditargetkan selesai 17 April 2023, sebelum Lebaran," jelasnya.

Meski begitu, Taufik belum merinci estimasi kebutuhan dana untuk perbaikan tersebut. Ia hanya memastikan Pertamina akan melakukan ganti rugi kepada masyarakat terdampak.

Selain melakukan perbaikan rumah warga dan failitas umum, Pertamina juga akan melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat terkait langkah utama dalam menghadapi kondisi darurat. Terutama bagi warga yang tinggal di wilayah buffer zone.

"Dilakukan edukasi sosialisasi terkait emergency response pada bulan April ke masyarakat mengingat bahaya tinggal di buffer zone itu," kata Taufik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Janji Perbaikan Rumah Warga Akibat Ledakan Kilang Dumai Rampung Sebelum Lebaran", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/05/053000626/pertamina-janji-perbaikan-rumah-warga-akibat-ledakan-kilang-dumai-rampung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm