Soimah
Soimah ( )

Soimah Merasa Selalu Dicurigai Petugas Pajak atas Apa Pun yang Sedang Ia Dilakukan

8 April 2023 07:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Artis sekaligus pesinden Soimah Pancawati atau Soimah merasa selalu dicurigai oleh petugas pajak atas apa pun yang ia dilakukan.

Pengalaman itu diceritakan Soimah melalui YouTube Blakasuta atas kejadian tak  menyenangkan yang dia terima dari oknum petugas pajak.

"Waktu itu awal-awal sukses, kalau banyak uang, tugas saya pertama membahagiakan, membantu keluarga. Masa bantu keluarga enggak boleh? Dijaluki (dimintai) nota mas," ujar Soimah.

"Lha masak aku bantu saudara pakai nota, jadi enggak percaya 'masak bantu saudara segini besarnya', yo sak karepku to (terserah aku dong). Jadi harus pakai nota, itu tahun 2015," katanya. Soimah harus menyimpan semua nota pengeluarannya.

Petugas pajak juga memantau pendopo yang saat itu masih dibangun Soimah untuk mewadahi para seniman. Petugas pajak, ucap Soimah, berkeliling pendopo dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Akhirnya pendopo itu di appraisal hampir Rp 50 miliar, padahal saya bikin aja belum tahu total habisnya berapa,"tambahnya. Saat tahu pendopo yang dibangunnya dinilai hampir Rp 50 miliar, Soimah merasa bingung, antara sedih atau senang.

"Di sisi lain saya sedih, kok bisa begitu, di sisi lain saya senang. Senangnya gini, kalau itu laku Rp 50 miliar, tukunen, aku untung nanti aku baru bayar pajak, tukunen nek payu Rp 50 miliar," kata Soimah.

Pengalaman paling tidak mengenakan yaitu  adanya oknum petugas pajak datang bersama debt collector atau penagih utang. Mereka mendatangi rumah Soimah di Yogyakarta. Soimah dituding sengaja menghindari petugas pajak dengan selalu tidak ada di rumah.

"Jadi posisi saya sering di Jakarta, di rumah alamat KTP kan ditempat mertua saya, selalu didatangi, bapak selalu dapat surat, bapak kan kepikiran, enggak ngerti apa-apa," ujar Soimah.

"Akhirnya datang orang pajak ke tempat kakak saya, bawa debt collector, bawa dua, gebrak meja, itu di rumah kakak saya," imbuhnya. Soimah mengaku tetap taat bayar pajak. Ia menyayangkan tindakan oknum petugas pajak tersebut.

"Soimah enggak bakal lari kok, bisa dicari, jangan khawatir, bayar pasti bayar, tapi perlakukanlah dengan baik," ujar Soimah.

"Saya kerja hasil jerih payah, proses panjang, keringat saya sendiri, bukan hasil maling, bukan hasil korupsi, kok saya diperlakukan seakan-akan saya ba****an, saya ini koruptor," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soimah Merasa Selalu Dicurigai Petugas Pajak atas Apa Pun yang Dilakukan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/04/07/200634166/soimah-merasa-selalu-dicurigai-petugas-pajak-atas-apa-pun-yang-dilakukan?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm