Ilustrasi bumbu dasar
Ilustrasi bumbu dasar ( Shutterstock/ismed_photography_SS)

Untuk Masakan Khas Indonesia, Berikut 3 Macam Dan Fungsi Bumbu Dasar

9 April 2023 07:06 WIB

SonoraBangka.id - Bumbu dasar khas Indonesia dibagi menjadi tiga macam, yaitu bumbu dasar putih, bumbu dasar merah, dan bumbu dasar kuning. Tiga macam bumbu dasar ini membuat lezat berbagai masakan, setiap hidangan dimasak dengan ketiga bumbu berbeda. Seperti opor cocok dimasak dengan bumbu dasar putih, balado menggunakan bumbu dasar merah, dan bumbu dasar kuning untuk membuat soto. Simak tiga macam dan fungsi bumbu dasar untuk masakan khas Indonesia, dikutip dari majalah "SajianKu VOL 7/I/2013" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada. 

1. Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Bumbu ini dapat digunakan untuk membuat mi, bihun, kwetiau, capcay, sayur lodeh, opor dan aneka jenis tumisan.

2. Bumbu dasar merah

Bumbu dasar merah dibuat sama dengan bumbu dasar putih, hanya saja ditambahkan dengan cabai merah. Bumbu ini dapat digunakan untuk membuat sambal goreng, ayam panggang, dan balado.

3. Bumbu dasar kuning

Bumbu dasar kuning dibuat sama juga dengan bumbu dasar putih, hanya saja ditambahkan dengan aroma rempah pada kunyit. Bumbu ini dapat digunakan untuk membuat soto, gulai, dan acar kuning.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Macam dan Fungsi Bumbu Dasar untuk Masakan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/08/080300275/3-macam-dan-fungsi-bumbu-dasar-untuk-masakan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm