Ilustrasi ban benjol(davinadiaries.com)
Ilustrasi ban benjol(davinadiaries.com) ( KOMPAS.COM)

Mudik Menggunakan Mobil Bekas, Segera Periksa Kondisi Ban

9 April 2023 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Baru membeli mobil bekas dan akan dipakai buat mudik lebaran, ada beberapa komponen yang harus segera diperiksa, salah satu adalah ban mobil.

Mobil bekas yang baru dibeli biasanya memiliki ban yang terlihat bersih, namun bisa saja itu cuma tampilan luar. Secara konstruksi, boleh jadi ban sudah tidak layak pakai.

“Ada penjual (mobil bekas) kompeten yang memang membenahi mobil sebelum dijual. Komponen yang rusak diganti, ban dan rem diperbarui supaya mobil sehat dan bisa langsung dipakai. Tapi ada juga penjual yang menjual apa adanya dan enggak melakukan pembenahan,” kata Juni Siswanto, Technical Leader Auto 2000 Ahmad Yani kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Menurut Juni, kondisi dari ban mobil bekas terkadang bisa menipu. Biasanya ban sudah tidak layak pakai namun dipoles dan disemir supaya tampilannya terlihat hitam mengkilap.

Oleh karenanya, penting bagi pengguna untuk betul-betul memastikan kesehatan ban mobil bekas, apalagi jika mobil hendak dipakai untuk mudik. Ada beberapa tips gampang untuk memeriksa kondisi ban pada mobil bekas.

Fisa Rizqiano, Deputy Head of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia menjelaskan, tread wear indicator (TWI) bisa menjadi patokan utama dalam menentukan ketebalan ban.

“Bisa diperiksa kalau permukaan ban masih belum menyentuh batas TWI, berarti ban dianggap masih belum botak dan kompon treadnya cukup tebal,” kata dia.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi sidewall alias sisi ban. Pastikan tidak ada kecacatan seperti retak, sobek, atau bekas lubang pada bagian ini.

“Kalau sidewall ban rusak, udah enggak ada obatnya, ban harus diganti baru. Karena memang bagian ini tidak bisa diperbaiki,” kata Fisa.

Pemeriksaan terakhir yang bisa dilakukan pengguna adalah mengecek bagian dalam ban. Menurut Fisa, ada beberapa kerusakan ban yang tidak nampak di bagian luar, tapi jelas terlihat di bagian dalam.

“Misalnya ban sering digunakan melewati jalan berlubang, pemakaiannya intens, atau pernah membentur sesuatu, permukaan bagian dalamnya akan benjol-benjol. Ini tanda terjadinya separasi atau pemisahan lapisan ban,” ujarnya.

Mengingat mudik adalah perjalanan jarak jauh, Fisa menyarankan pengguna untuk melakukan penggantian ban mobil kalau hal itu diperlukan. Supaya perjalanan senantiasa aman dan nyaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mudik Pakai Mobil Bekas, Segera Periksa Kondisi Ban", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/09/132100815/mudik-pakai-mobil-bekas-segera-periksa-kondisi-ban.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm