PLN Rampungkan Tower Emergency Line #2 Kenten - Tanjung Api Api Palembang
PLN Rampungkan Tower Emergency Line #2 Kenten - Tanjung Api Api Palembang ( Humas PLN)

Tower Emergency Line 2 Kenten - Tanjung Api Api Rampung, Pasokan Listrik Kabel Laut Sumatera Bangka Capai 102 MW

10 April 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Setelah menyelesaikan pendirian tower emergency line 1 pada tanggal 26 Maret 2023 pada jalur transmisi Kenten - Tanjung Api Api , PLN terus melanjutkan proses penormalan sistem dengan menyelesaikan 3 tower emergency untuk line 2.

Dengan beroperasinya line 2 ini, sistem jaringan kelistrikan yang memasok daya melalui kabel laut ke Pulau Bangka menjadi semakin andal.

PLN terus bergerak cepat merampungkan line 2 transmisi Kenten Tanjung Api Api sehingga pada hari Minggu (9/4) pukul 13:15 WIB tower ERS line 2 dapat dioperasikan untuk menambah keandalan pasokan ke pulau Bangka.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Muhammad Munief Budiman mengemukakan bahwa dini hari Pukul 01.00 WIB transfer kabel laut Sumatera-Bangka tadi malam mencapai transfer tertinggi 102 Megawatt.

“2 (dua) hari ini beban listrik Pulau Bangka terus meningkat, bahkan tadi malam transfer kabel laut Sumatera-Bangka mencapai beban tertinggi yaitu 102 MW dan ini terjadi pada pukul 01.00 WIB (10/04)”, ungkap Munief.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan listrik di Pulau Bangka kurun waktu 3 tahun terakhir mencapai titik tertinggi di Indonesia dan selalu menjadi pertumbuhan 3 besar tertinggi di Indonesia. Sehingga PLN dalam mendukung percepatan roda ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta mendukung cita-cita Provinsi Hijau-Biru Babelku dengan menyalurkan energi dari Pulau Sumatera ke Pulau Bangka melalui pembangunan kabel laut.


Dengan pertumbuhan konsumsi energi listrik yang besar tersebut sebelumnya PLN Babel mengalami defisit daya pada akhir 2021. Sehingga untuk memenuhi konsumsi energi listrik yang besar tersebut PLN mengandalkan transfer melalui kabel laut sepanjang 36 km yang di energize pada Maret 2022 kemarin.


Kabel laut ini nantinya mampu memasok listrik sebesar 200 MW dalam memenuhi kebutuhan energi listrik di Pulau Bangka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm