Ilustrasi kue talam.
Ilustrasi kue talam. ( Dok. Shutterstock/Meyani Kristina Ningrum)

Makanan Jadul Untuk Takjil, Berikut Cara Membuat Talam Jagung

12 April 2023 21:32 WIB

SonoraBangka.id -  Kue talam merupakan kue tradisional terbuat dari tepung beras dan santan, biasanya diberi rasa pandan atau campuran jagung. Kamu dapat membuat kue talam jagung untuk sajian buka puasa, cara membuatnya mudah. Kue talam jagung dibuat dengan bahan, yaitu santan kental, tepung beras, santan cair, tepung kanji, gula batok, gula pasir, dan jagung muda. Simak resep kue talam jagung untuk takjil, dikutip dari buku "Resep Masakan Kue-Kue Nasional" (2019) karya Ny. Wulandari terbitan Aneka Ilmu. 

Resep talam jagung

Bahan:

473 ml (2 cangkir) santan kental

946 ml (4 cangkir) santan cair

10 buah jagung muda

1 sendok tepung beras

1 sendok tepung kanji

Gula batok dan gula pasir 

Cara membuat talam jagung:

1. Jagung diparut, tuangkan santan cair ke dalam jagung parutan tadi kemudian diuleni sampai rata. Tambahkan gula batok dan gula pasir secukupnya serta garam. Aduk-aduk terus sampai kental dan masak hingga matang.

2. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang. Campurkan santan kental dan dua macam tepung, diaduk-aduk sampai matang, lalu tuangkan di atas kue yang sudah diletakkan pada loyang. Ratakan dan biarkan sampai dingin, kemudian dipotong-potong dan hidangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Talam Jagung, Makanan Jadul untuk Takjil", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/12/200300275/resep-kue-talam-jagung-makanan-jadul-untuk-takjil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm