Foto stok: Honda PCX Electric(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Foto stok: Honda PCX Electric(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Motor Listrik Honda yang Meluncur Tidak Termasuk PCX Electric

12 April 2023 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Ngomongin soal kendaraan listrik berbasis baterai, Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan dua model di semester II 2023. Namun dari dua kendaraan tersebut, PCX Electric tidak termasuk.

Kemungkinan tersebut diperkuat dengan saat AHM memamerkan peta jalan kendaraan listrik, dua siluet motor listrik yang diperlihatkan memakai dek rata. Sedangkan PCX Electric, modelnya seperti skuter bongsor.

Mengenai PCX Electric, AHM sudah memperkenalkan sejak 2019. Sampai saat ini, motor listrik tersebut masih ditawarkan dalam skema sewa B2B.

Thomas Wijaya, Executive Vice President Director PT AHM mengatakan, PCX Electric jadi bahan studi kendaraan listrik berbasis baterai yang cocok untuk Indonesia.

"Dari PCX kita dapat studi waktu kita kerja sama dengan B2B company," ucap Thomas di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Thomas menjelaskan, hasil studi dengan PCX Electric, para perusahaan membutuhkan motor listrik yang memiliki performa yang baik. Pertimbangan jarak dan waktu tempuh serta waktu pengecasan jadi yang utama.

"Mereka butuh jarak, butuh kecepatan, kemudian infrastruktur karena ada kendala di charging time. Sama dari sisi safety, dalam arti menyesuaikan dengan kontur jalan dan banjir," kata Thomas.

PCX Electric sendiri sudah pernah digunakan berbagai perusahaan. Mulai ojek online, motor operasional Delta Mas, dan sempat turut serta di KTT G20 November 2022.

Soal motor listrik baru yang nantinya dipasarkan ke masyarakat, belum ada bocoran spesifikasinya seperti apa. Satu hal yang pasti, Honda menyiapkan model dengan baterai tanam maupun sistem tukar baterai (swap battery).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Listrik Honda yang Meluncur Bukan PCX Electric", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/12/142100215/motor-listrik-honda-yang-meluncur-bukan-pcx-electric.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm