Ilustrasi merebus sayuran, air rebusan sayuran bisa bermanfaat untuk tanaman.
Ilustrasi merebus sayuran, air rebusan sayuran bisa bermanfaat untuk tanaman. ( () )

Agar Nutrisi Tetap Terjaga, Berikut Ini 7 Cara Merebus Sayuran

13 April 2023 06:45 WIB

SonoraBangka.id - Sayuran adalah bahan makanan sehat dengan banyak manfaat baik bagi tubuh kita. Sayuran dapat diolah menjadi berbagai masakan, seperti sayur bening, sop, tumisan, atau hanya direbus untuk pelengkap makan sambal. Merebus sayuran tidak perlu lama sebab bisa merusak nutrisi yang ada di dalam sayuran. Selain itu agar sayur awet tetap hijau bisa menambahkan sedikit soda kue. Simak cara merebus sayurna agar nutrisi tetap terjaga berikut ini, dikutip dari majalah "SajianKu VOL. 4/I/2013 Serba-Serbi  mengenal Mi Telur Bihun dan Soun" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada. 

1. Merebus dengan air secukupnya

Rebuslah sayuran dalam air secukupnya saja. Usahakan sedapat mungkin agar air rebusan habis waktu sayuran masak. Beberapa sayuran akan mengeluarkan air pada saat direbus.

2. Pakai panci berlapis besi beremail

Sebaiknya gunakan panci yang terbuat dari besi berlapis email.

3. Tunggu air mendidih

Masukkan bahan sayuran sesudah air mendidih dalam waktu relatif singkat, dalam arti sayuran cukup lunak tetapi tidak layu.

4. Gunakan soda kue

Jika ingin sayuran tetap berwarna hijau, bisa ditambahkan sedikit soda kue dalam air perebusan.

5. Menjaga nutrisi sayur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm