Pedagang ayam di pasar induk pembangunan Kota Pangkalpinang, Jumat (14/4/2023)
Pedagang ayam di pasar induk pembangunan Kota Pangkalpinang, Jumat (14/4/2023) ( )

Sepekan Jelang Lebaran, Harga Ayam di Pasar Pangkalpinang Stabil

14 April 2023 15:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Sepekan jelang hari raya Idul Fitri 1444 H, harga ayam di pasar Pangkalpinang masih terbilang stabil.

Seperti diakui Dedi (40) pedagang ayam di pasar induk pembangunan Kota Pangkalpinang, kini harga ayam bulet Rp30.000, dan ayam bersih Rp35.000.

Meski harga tersebut masih normal, kata Dedi sebetulnya selama Ramadan ada kenaikan harga ayam, tapi tidak terlalu banyak.

"Kalau sekarang masih normal lah Rp30.000-Rp35.000 itu, tapi sebetulnya kemarin sempat Rp28.000 sekarang jadi Rp30.000 lagi," kata Dedi saat ditemui Bangkapos.com, Jumat (14/4/2023).

Kendati harga ayam masih normal ini, Dedi mengatakan untuk pembelian ayam justru masih sepi.

Bahkan, dia merasakan betul omsetnya pada momen Ramadan kali ini sangat menurun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kalau Ramadan tahun kemarin ramai, bahkan sudah tidak cukup-cukup lagi ayam ni. Kalau sekarang aduh sepi, jauh omset kami menurun," katanya.

Senada dengan Dedi, Awal (40) juga mengaku kini pembeli ayam yang sepi. Ia menduga menurunnya pembelian ayam tahun ini disinyalir dengan harga timah yang kini anjlok.

"Kalau dulu sekali orang beli banyak, kalau sekarang paling hanya sekilo dua kilo. Tahun kemarin harga timah tinggi, tahun ini timah turun orang malas belanja," kata Awal.

Dia juga berharap, harga ayam bisa terus normal Rp30.000-Rp35.000 saja sampai jelang Idul Fitri nantinya.

"Kalau kami beli mahal tidak mungkin kan kami jual murah, jadi terpaksa jual harga naik juga. Makanya kami pedagang berharap semoga harga tetap segini sampai lebaran nanti," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Satu Pekan Jelang Lebaran, Harga Ayam di Pasar Pangkalpinang Masih Normal, https://bangka.tribunnews.com/2023/04/14/satu-pekan-jelang-lebaran-harga-ayam-di-pasar-pangkalpinang-masih-normal.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm