Ilustrasi ganti oli mesin(Dok. WMS)
Ilustrasi ganti oli mesin(Dok. WMS) ( KOMPAS.COM)

Ternyata Kualitas BBM Bisa Memperpendek Masa Pakai Oli Mesin

15 April 2023 19:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepintas oli mesin dan bahan bakar tidak ada hubungannya. Tapi, bila dipahami lebih detail ternyata ada pertemuan antara bahan bakar dan oli mesin sehingga kualitas BBM dapat berpengaruh pada masa pakai oli.

Walau tidak bertemu secara langsung, faktanya di dalam ruang bakar atau lebih tepatnya pada dinding silinder mesin terjadi pertemuan antara oli mesin dan sisa gas buang. Salah satu penyebab tingginya emisi gas buang adalah kualitas bahan bakar.

Semakin tinggi emisi gas buang, maka kondisi asap semakin kotor sehingga makin tinggi kontaminan yang terbawa masuk ke ruang oli mesin.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, kualitas BBM yang digunakan pada suatu mobil mempengaruhi panas mesin dan residu di area ruang bakar, sehingga itu bisa menjadi bukti bahwa BBM yang kualitasnya rendah akan menghasilkan kotoran yang lebih banyak.

“Kotoran sisa pembakaran ini secara tidak langsung ada yang ikut bersama oli mesin di dinding silinder, sedikit tapi akan terulang berkali-kali sehingga oli mesin akan mudah kotor,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Dia mengatakan salah satu kontaminan oli mesin adalah sisa pembakaran yang ada di ruang bakar, sehingga semakin rendah kualitas BBM akan membuat masa pakai oli lebih pendek.

“Kalau sudah kotor, atau kualitas oli mesin menurun akibat kontaminan itu tadi, maka mau tidak mau harus diganti tidak harus menunggu waktu penggantian oli yang sudah ditetapkan, hal ini perlu dilakukan agar mesin tetap terjaga dengan baik,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan aturan penggantian oli lebih dini ini tertulis di buku panduan servis sehingga, memang kondisi-kondisi tertentu penggantian oli mesin perlu dilakukan lebih cepat.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan kualitas BBM yang digunakan pada mobil juga mempengaruhi masa pakai oli mesin.

“Kualitas BBM ini akan menghasilkan kontaminan yang ikut tersapu oli mesin di dinding silinder, sehingga BBM yang buruk akan membuat oli mesin lebih cepat menurun kualitasnya,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Jadi, BBM yang kualitasnya rendah memang bisa memperpendek masa pakai oli mesin. Sehingga, perhatikan pemilihan jenis bahan bakar bila hendak menggunakan oli mesin dengan durasi lebih lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Kualitas BBM Dapat Mempependek Masa Pakai Oli Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/15/102200515/ternyata-kualitas-bbm-dapat-mempependek-masa-pakai-oli-mesin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm