Ilustrasi ganti oli mesin(Dok. WMS)
Ilustrasi ganti oli mesin(Dok. WMS) ( KOMPAS.COM)

Oli Dicampur Minyak Goreng Membuat Komponen di Mesin Jadi Bersih?

15 April 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Belakangan ini mencuat kembali isu tentang minyak goreng yang bagus dijadikan campuran oli mesin. Tidak sedikit orang mengaku telah mempraktikannya dan hasilnya bisa membuat komponen mesin menjadi bersih.

Seperti yang diketahui, karakter minyak goreng hampir sama dengan oli mesin dari segi warna dan kekentalannya. Lantas, apakah benar minyak goreng bagus dijadikan campuran oli mesin?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan minyak goreng memang memiliki kesamaan dengan oli mesin, namun karakternya secara spesifik berbeda.

“Memang minyak goreng sama hal nya seperti senyawa asam lemak lain, memiliki sifat melarutkan atau solvency, namun bila kita melihat secara keseluruhan fungsi pelumas pada era mesin modern, penggunaan minyak goreng dalam oli mesin bukan lah pilihan yang bijaksana,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Banyak parameter yang harus dipertimbangkan supaya fungsi pelumasan oli mesin berjalan dengan baik, menurut Brahma.

“Misalnya kekuatan terhadap oksidasi, kemampuan menetralkan asam hasil pembakaran, serta kecenderungan membentuk varnish/sludge/insoluble pada komponen oli mesin, dan lainnya,” ucap Brahma.

Brahma mengatakan, di dalam oli mesin ada formula khusus yang dapat membersihkan komponen mesin secara khusus.

“Komponen utama oli mesin yang bertanggung jawab menjaga agar mesin bersih adalah aditifnya, lebih khusus yaitu detergent dan dispersant, kedua kandungan aditif tersebut normalnya tidak dimiliki oleh atau terdapat pada minyak goreng,” ucap Brahma.

Brahma menyimpulkan, menggunakan minyak goreng untuk masakan sebagai oli mesin merupakan tindakan yang tidak tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Oli Dicampur Minyak Goreng Bikin Komponen di Mesin Jadi Bersih?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/15/172200915/oli-dicampur-minyak-goreng-bikin-komponen-di-mesin-jadi-bersih-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm