Orang terkaya di dunia 2021 didominasi oleh pemilik perusahaan teknolog
Orang terkaya di dunia 2021 didominasi oleh pemilik perusahaan teknolog ( KOMPAS.com)

Elon Musk Disinyalir Bikin Perusahaan Kecerdasan Buatan Pesaing OpenAI

17 April 2023 17:53 WIB

SonoraBangka.ID - Elon Musk dilaporkan tengah mendirikan perusahaan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang digadang akan menjadi pesaing OpenAI. Perusahaan barunya itu disebut memiliki nama X.AI.

Informasi tersebut pertama kali diungkap oleh salah satu outlet media asing, The Wall Street Journal. Dalam laporannya, perusahaan X.AI berlokasi di negara bagian Nevada, Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah dokumen tertulis bahwa Elon Musk menjabat sebagai direktur X.AI Corportation. Adapun perusahaan AI ini didirikan pada 9 Maret 2023 lalu.

Musk nantinya akan didampingi oleh Jared Birchall sebagai sekretarisnya. Birchall sendiri merupakan pendamping sekaligus orang kepercayaan Musk.

Keberadaan perusahaan baru milik Elon Musk ini sebenarnya sudah mulai terendus sejak beberapa hari lalu.

Melansir dari Business Insider dan Financial Times, perusahaan AI ini menjadi upaya Elon Musk untuk bersaing dengan OpenAI, perusahaan yang menaungi chatbot AI, ChatGPT.

Elon Musk sendiri baru-baru ini dilaporkan tengah membeli ribuan kartu pengolah grafis (GPU), tepatnya 10.000 unit untuk mendukung pengembangan produk AI generatif di masa mendatang.

Taipan itu juga dilaporkan tengah mencari dana dari sejumlah investor yang berinvestasi di perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan penerbangan luar angkasa, SpaceX.

Walau demikian, dalam forum diskusi di Twitter Space, Musk tidak merinci alasannya membeli ribuan GPU tersebut. Ia bahkan tidak menyinggung rencananya membangun perusahaan AI. Musk hanya menjawab pertanyaan tersebut dengan gayanya yang nyeleneh.

“Tampaknya semua orang hingga anjing mereka membeli GPU untuk saat ini,” ujarnya di Twitter Space, sebagaimana dihimpun dari The Verge, Senin (17/4/2023).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm