Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina )
Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina ) ( KOMPAS.COM)

Dampak Buruk Tangki BBM Mobil Sering Kosong

18 April 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik adalah mengisi bahan bakar sampai penuh. Ternyata, selain akan membuat perjalanan lebih praktis, berkendara dengan jumlah BBM yang minim merugikan dari sisi performa mesin.

Sehingga tanpa harus menunggu tiris, kalau dirasa ada kesempatan mengisi BBM karena perjalanan masih jauh sebaiknya dilakukan. Lantas, apa kerugian mengendarai mobil dengan BBM minim?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan mobil dengan jumlah bahan bakar yang minim akan berpeluang mengalami penurunan performa.

“Jumlah BBM yang minim memungkinkan pompa bensin tidak terendam, apalagi saat nanjak, strainer fuel pump akan menyedot banyak udara di tangki BBM, kondisi tersebut kan tidak ideal,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Dia mengatakan kondisi pompa BBM seperti itu akan mempengaruhi kandungan udara yang ada di dalam bahan bakar, yang bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

“Campuran bahan bakar dengan jumlah udara lebih banyak biasa disebut dengan campuran kurus, ini tentu bisa membuat mobil mengalami penurunan performa karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna,” ucap Ibrohim.

Kondisi tersebut terkadang susah dipahami ketika mobil masuk bengkel mengeluhkan performa menurun, karena problem seperti ini cuma akan muncul ketika mobil dalam keadaan miring.

“Pas di bengkel, diperiksa tekanan bahan bakar stabil karena lantai bengkel rata, bila tidak ada keterangan dari pengguna bahwa gejala muncul ketika mobil menanjak dan menurun, maka trouble ini akan susah diketahui,” ucap Ibrohim.

Oleh karena itu, Ibrohim menyarankan agar pengguna mobil membiasakan untuk mengisi BBM minimal seperempat menuju penuh.

“Tidak perlu menunggu level BBM sampai menyentuh huruf E baru isi bensin, karena ya ada kerugian itu tadi, belum lagi kalau di depan ternyata tidak menemukan stasiun pengisian BBM atau stoknya habis, itu bisa jadi masalah,” ucap Ibrohim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Buruk Tangki BBM Mobil Sering Kosong", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/18/161200715/efek-buruk-tangki-bbm-mobil-sering-kosong.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm