Suasana jemaah yang memadati Salat Ied, berlokasi di SD Muhammadiyah Kota Pangkalpinang, Jumat (21/4/2023
Suasana jemaah yang memadati Salat Ied, berlokasi di SD Muhammadiyah Kota Pangkalpinang, Jumat (21/4/2023 ( Bangkapos.com/Rifqi Nugroho )

Muhammadiyah Tetapkan Idulfitri Hari Ini, Jemaah Padati Salat Ied di SD Muhammadiyah Pangkalpinang

21 April 2023 10:15 WIB

SonoraBangka.id - Di Kota Pangkalpinang gema takbir berkumandang pada beberapa titik yang digunakan untuk melaksanakan salat Idulfitri.

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari ini, Jumat (21/4/2023).

Di antaranya berada di SD Muhammadiyah Kota Pangkalpinang sejak pagi nampak ribuan jemaah berbondong-bondong datang untuk melaksanakan Salat Ied hingga memenuhi halaman dan pelataran sekolah tersebut.

Pada pelaksanaannya, ibadah yang dimulai sekitar pukul 07.00 pagi itu bertugas sebagai Imam dan Khotib yaitu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung Periode 2022 - 2027, Sahirman Jumli.

Dalam khotbahnya, Sahirman berpesan agar umat muslim agar pengaruh bulan Ramadan bisa terus dilaksanakan pada sebelas bulan berikutnya.

"Puasa bisa dijadikan perisai atau pengendalian diri. Kini bulan yang mulai itu telah meninggalkan kita, namun yang perlu dicatat adalah bagaimana pengaruh puasa itu dalam diri kita," terang Sahirman Jumli, Jumat (21/4/2023)

Ia juga berharap, dengan telah berakhirnya bulan penuh berkah itu bisa menghapuskan dosa-dosa dan kesalahan setiap muslim yang menjalankannya.

"Sehingga tumbuhlah kejernihan pikiran menuju ridho Allah SWT. Memasuki hari raya yang penuh kebahagian ini, jangan sampai memperdaya kita," tambahnya.

Untuk itu, ia menyampaikan agar momen Idulfitri ini bisa menjadi penggugah jiwa untuk senantiasa waspada akan bujukan-bujukan setan, yang bisa menodai kemenangan puasa selama satu bulan. 

"Hikmah Idulfitri adalah menghilangkan iri hati dan merendahkan orang lain. Untuk itu marilah kita bersatu padu, saling menghormati dan menghargai dalam menegakkan agama Allah," tutur Sahirman.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tetapkan Idulfitri Hari Ini, Jemaah Padati Salat Ied di SD Muhammadiyah Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2023/04/21/tetapkan-idulfitri-hari-ini-jemaah-padati-salat-ied-di-sd-muhammadiyah-pangkalpinang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm