Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.(SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)
Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.(SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO) ( KOMPAS.COM)

Cara Membersihkan Baju yang Terkena Noda dari Kuah Opor Lebaran

22 April 2023 20:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Idul Fitri identik dirayakan dengan makan opor ayam bersama keluarga besar.

Opor ayam umumnya mempunyai kuah berwarna kuning dari kunyit yang digunakan saat memasak.

Karena kandungan kunyit, baju yang tidak sengaja terkena kuah opor akan dihiasi noda berwarna kuning. Noda ini harus segera dibersihkan agar bisa hilang sempurna.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju akibat terkena kuah opor?

1. Perhatikan jenis kain

Menurut Reader's Digest, perhatikan jenis kain di baju yang terkena noda. Beberapa jenis kain, seperti sutra, memerlukan perawatan khusus. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan pada tag baju.

2. Pemutih untuk baju putih

Dilansir dari Better Homes & Gardens, kalau baju yang terkena noda berwarna putih, rendam dengan larutan pemutih dan air panas selama 15 menit sebelum dicuci. Soda kue juga bisa menjadi alternatif lainnya.

Oleskan pemutih atau soda kue di noda lalu gosok menggunakan sikat gigi atau kain dengan lembut. Setelah noda kunyit hilang, cuci bajunya.

3. Segera dibilas

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm