Mesin Subaru Forester Forest Explorer, serupa dengan Forester tipe L(kompas.com/daafa)
Mesin Subaru Forester Forest Explorer, serupa dengan Forester tipe L(kompas.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Kenali Tanda Mobil Mendapatkan Perawatan atau Tidak dari Sektor Mesin

23 April 2023 21:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebersihan komponen dalam mesin dapat menjadi indikator apakah mobil dirawat dengan baik atau tidak.

Pasalnya, mobil yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik, pasti komponen dalam mesin akan lebih kotor.

Warna oli yang membandel di dinding dalam mesin, jadi tanda mobil pernah mendapatkan pelumasan yang  tidak baik. Sehingga, kotoran pada oli menempel dan menjadi noda yang sulit hilang.

Padahal, kalau oli mesin diganti secara teratur dan tepat waktu, tentu noda tersebut tidak akan begitu nampak.

Lantas, apa kandungan yang ada pada oli mesin sehingga dapat menjaga komponen tetap bersih?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, oli mesin mengandung zat khusus yang bertugas menjaga kebersihan komponen dalam mesin.

“Komponen utama oli mesin yang bertanggung jawab menjaga agar mesin bersih adalah aditifnya, lebih khusus yaitu aditif detergent dan dispersant, sehingga komponen mesin seharusnya tetap dalam kondisi bersih,” ucap Brahma kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Menurutnya,  bila oli mesin diganti tepat waktu, maka seharusnya komponen mesin bisa tetap bersih meski usia pemakaian mobil sudah cukup lama.

Mudahnya, oli mesin mengandung zat yang memang didesain khusus menjaga kebersihan komponen dalam mesin.

Brahman menjelaskan, secara pasti kandungan tersebut akan bekerja dengan optimal bila memang masih mampu melakukannya.

Meski demikian, warna oli mesin yang menghitam bukan jadi indikator kualitas pelumas sudah menurun, mengingat sifat oli adalah mengangkat kotoran yang ada di mesin dan dari kontaminan.

“Sejak mesin bekerja, maka saat itu juga oli akan menjalankan tugasnya termasuk sebagai pengangkat kontaminan, sehingga wajar saja jika warnanya menghitam, jadi tidak semua kondisi warna oli menghitam menandakan kualitas oli sudah menurun,” ucap Brahma.

Sehingga, bila memang suatu mobil dirawat dengan baik oleh pemiliknya bisa ditandai dengan komponen dalam mesin yang bersih, karena penggantian oli mesin dilakukan dengan baik dan teratur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Tanda Mobil Terawat atau Tidak dari Sektor Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/23/170200415/kenali-tanda-mobil-terawat-atau-tidak-dari-sektor-mesin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm