Ilustrasi GPS(shutterstock)
Ilustrasi GPS(shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Tersesat di Jalan Saat Liburan, Tak Disarankan Hanya Andalkan GPS

24 April 2023 18:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai mudik , libur panjang jadi waktu yang menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga. Banyak pemudik yang memilih pantai atau pegunungan sebagai tujuan wisata.

Pada umumnya, jalur wisata yang dilintasi memiliki rute yang cukup ekstrem seperti tanjakan terjal dan turunan berkelok. Maka, pemudik harus hati-hati demi keselamatan dan keamanan di perjalanan. 

Tak jarang, wisatawan yang menggunakan peta navigasi perjalanan digital (GPS) salah memilih rute dan akhirnya tersesat.

Padahal, kondisi jalan yang dilalui berlumpur, terjal, dan licin. Lantas apakah harus melanjutkan perjalanan?

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu (JDDC) mengatakan, kalau berada di daerah yang belum pernah dikunjungi tak disarankan sekadar mengikuti penunjuk arah di GPS. 

Sebaiknya bertanya kepada masyarakat sekitar agar tidak tersesat. Peta digital biasanya akan mengarahkan melalui rute alternatif yang sepi, kalau jalur utama wisata padat dan terjadi kemacetan.

"Kalau ragu-ragu sebaiknya bertanya kepada masyarakat yang ditemui tidak cuma ikut maps. Bahaya jika tersesat, pemudik tidak paham medan. GPS pasti mencarikan rute alternatif yang paling cepat, dan berpindah sendiri ketika jalan macet," ucap Jusri kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023). 

Jika terlanjur tersesat, Jusri mengatakan, sebaiknya segera berhenti. Memaksa untuk melalui rute alternatif tanpa memahami kondisi jalan yang ada sangat berbahaya.

Pemudik bisa tersesat makin jauh, bahkan bertemu medan yang ekstrem hingga tidak dapat dilalui kendaraan. 

Untuk itu, bila ragu melanjutkan perjalanan, pemudik lebih baik untuk kembali menuju jalur utama wisata.

"Di daerah pegunungan dan tepi pantai, seperti di jalur Selatan (Pansela) sinyalnya susah. Kalau cuma pakai GPS bisa tersesat. Jika ragu-ragu, mending antre macet sebentar. Ditunda dulu juga tidak masalah, liburannya menunggu tempat wisata sepi," kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tersesat di Jalan Saat Liburan, Jangan Hanya Andalkan GPS", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/24/151200915/tersesat-di-jalan-saat-liburan-jangan-hanya-andalkan-gps.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm