Ilustrasi menggunakan smartphone untuk Dashcam mobil(Flickr/Tom Raftery)
Ilustrasi menggunakan smartphone untuk Dashcam mobil(Flickr/Tom Raftery) ( KOMPAS.COM)

Banyak Modus Pura-pura Ditabrak, Sebaiknya Mobil Disarankan Pasang Dashcam

25 April 2023 19:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa nahas dan situasi tidak mengenakkan bisa terjadi saat berkendara. Meskipun pengemudi senantiasa berhati-hati, potensi bahaya dari faktor eksternal masih ada.

Sebagai contoh pada momen arus balik lebaran dengan kondisi jalan yang ramai. Akhir-akhir ini, banyak dijumpai video di media sosial yang menunjukkan seputar konflik di tengah lalu lintas.

Konflik tersebut berupa perdebatan saat terjadinya tabrakan, bahkan banyak modus pura-pura ditabrak sampai akhirnya berujung cekcok antar pengemudi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, menyarankan pengemudi untuk menggunakan dashcam supaya terhindar dari situasi runyam karena kelalaian pengguna jalan yang lain.

“Dashcam itu perlu, menimbang perilaku mayoritas pengendara dan ramainya situasi lalu lintas di Indonesia,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Menurut dia, dashcam akan sangat bermanfaat sebagai standing point pemilik kendaraan supaya bisa membuktikan diri bilamana terjadi konflik dengan pengemudi lain.

Selain itu, dashcam juga bisa menyelamatkan pengemudi dari modus-modus penipuan yang kini cukup marak terjadi, yakni tuduhan penabrakan yang dilakukan oleh oknum-oknum.

“Ini sering terjadi dan sebenarnya modus lama. Ada oknum yang sengaja menabrakkan kendaraannya ke mobil kemudian menuduh pengemudi yang ditabrak. Kalau ada dashcam, jadinya kan ada bukti yang menunjukkan situasi sebenarnya bagaimana,” ujarnya.

Sony menambahkan, fungsi utama dashcam tentunya cuma sebagai alat pembuktian saat diperlukan. Utamanya, pengemudi selalu dianjurkan untuk berkendara dengan aman, sopan, dan tidak mudah emosi selama di perjalanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Modus Pura-pura Ditabrak, Sebaiknya Mobil Dipasang Dashcam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/25/151200815/banyak-modus-pura-pura-ditabrak-sebaiknya-mobil-dipasang-dashcam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm