Gelaran KTT ke-42 ASEAN yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi ajang promosi wisata Labuan Bajo
Gelaran KTT ke-42 ASEAN yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi ajang promosi wisata Labuan Bajo ( Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

KTT ASEAN Jadi Momentum Promosi Wisata Labuan Bajo

26 April 2023 11:01 WIB

SonoraBangka.ID - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dapat menjadi ajang promosi destinasi wisata Indonesia tersebut. 

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat menyampaikan keterangan pers yang disiarkan secara daring melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/4).

“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk promosi Labuan Bajo ke ASEAN dan dunia,” ujar Menlu Retno.  

Menlu Retno, yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan KTT di Labuan Bajo, menjelaskan pentingnya kesiapan infrastruktur wilayah tersebut sebagai tuan rumah KTT ASEAN.

Mengenai bandara, pemerintah telah menyiapkan dua jalur di Bandara Komodo, Labuan Bajo, yaitu ketibaan jalur internasional dan domestik.

“Jadi akan ada fasilitas untuk imigrasi dan juga fasilitas conveyor belt yang khusus akan menerima barang-barang dari ketibaan luar negeri,” ujar Retno.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga berpesan kepada Menlu Retno untuk memastikan kesiapan hotel-hotel yang akan ditinggali para pemimpin negara anggota ASEAN selama KTT berlangsung pada 10-11 Mei 2023.

“Arahan Bapak Presiden sangat jelas agar diutamakan hospitality dan dijaga kenyamanan para tamu kita yang akan mengikuti KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo,” ujarnya.

Pemerintah pun telah menyiapkan berbagai persiapan, termasuk dari segi substansi pembahasan KTT, yang sejauh ini, menurut Menlu Retno, telah berada di jalur yang tepat.

“Pengecekan dilakukan secara mendetail. Jadi mudah-mudahan gawe besar kita sebagai ketua ASEAN melalui penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN ini dapat berjalan lancar,” kata Retno.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm