ersawahan di Kemiri, Kabupaten Tangerang yang sudah mengering karena kemarau berkepanjangan pada tahun 2019. El Nino yang bisa memicu kekeringan di sejumlah daerah Indonesia diprediksi terjadi pada Agustus mendatang.
ersawahan di Kemiri, Kabupaten Tangerang yang sudah mengering karena kemarau berkepanjangan pada tahun 2019. El Nino yang bisa memicu kekeringan di sejumlah daerah Indonesia diprediksi terjadi pada Agustus mendatang. ( TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA )

Kekeringan Bakal Melanda Indonesia, El Nino Diprediksi Agustus 2023!

28 April 2023 08:26 WIB

SonoraBangka.id - Pada Agustus 2023 mendatang, Indonesia diperkirakan akan menghadapi El Nino (pemanasan suhu muka laut).

El Nino bisa memicu kekeringan di sejumlah daerah Indonesia.

El Nino diprediksi terjadi pada Agustus mendatang seiring kondisi suhu di sejumlah daerah di Indonesia yang lebih panas akhir-akhir ini.

Sebelumnya, BMKG memprediksi  puncak musim kemarau di Indonesia akan terjadi pada Agustus 2023.

Ancaman El Nino ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Luhut menceritakan soal banyaknya pertanyaan mengapa suhu udara menjadi lebih tinggi dari biasanya.

"Hari pertama pasca-libur Idul Fitri, ada satu hal yang penting untuk saya koordinasikan setelah mendapatkan banyak pertanyaan sekaligus merasakan langsung mengapa akhir-akhir ini suhu di beberapa daerah terasa begitu tinggi," kata Luhut.

Luhut mengungkapkan, Sekjen Organisasi Meteorologi Dunia telah menyebutkan bahwa fenomena La Nina yang telah terjadi selama tiga tahun berturut-turut dan membawa cuaca lebih basah akhirnya telah berakhir.

Sebagai gantinya, El Nino akan membawa suhu menjadi tinggi sehingga membuat cuaca menjadi lebih kering. 

"Berdasarkan data yang kami dapatkan, suhu laut juga mencapai rekor tertingginya setelah terakhir terjadi pada tahun 2016 yang lalu. Belum lagi gelombang panas yang mendorong rekor suhu tertinggi di Asia akhir-akhir ini," papar Luhut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm