Ilustrasi madu untuk mencegah gejala asam lambung.(Dok. Pixabay.)
Ilustrasi madu untuk mencegah gejala asam lambung.(Dok. Pixabay.) ( KOMPAS.COM)

Manfaat dari Madu untuk Meredakan Gejala Asam Lambung

30 April 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Asam lambung adalah perasaan mulas yang terjadi ketika sebagian kandungan asam lambung naik ke kerongkongan.

Dikutip dari Medical News Today, perut mengandung asam kuat, yakni asam klorida, yang membantu memecah makanan dan melindungi dari patogen seperti bakteri.

Lapisan perut diadaptasi secara khusus untuk melindunginya dari asam kuat, tapi tidak demikian dengan lapisan pada kerongkongan.

Selain itu, cincin otot sfingter gastroesophageal biasanya bertindak sebagai katup yang mencegah makanan yang masuk ke perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan.

Ketika katup ini melemah dan gagal menutup, isi lambung dapat kembali ke kerongkongan. Kondisi ini lah yang dikenal dengan kondisi asam lambung.

Anda akan merasakan mulas atau sensasi terbakar di kerongkongan dan dada. Dalam kondisi asam lambung kronis, dapat menyebabkan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Manfaat madu bagi asam lambung

Ada beberapa cara alami untuk meredakan gejala asam lambung, salah satunya adalah dengan menggunakan madu.

Madu diketahui telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai penyakit.

Dalam beberapa penelitian juga diketahui bahwa madu dapat menenangkan tenggorokan dan meredakan gejala asam lambung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm