ilustrasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah.
ilustrasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah. ( Kemnaker)

Peringati Hari Buruh, Menaker Ungkap Tantangan Dunia Kerja Makin Berat

1 Mei 2023 18:14 WIB

SonoraBangka.ID - Memperingati hari buruh international yang jatuh pada Senin (1/5/2023), Menteri Ketenagakerjaan (Manaker) Ida Fauziah mengungkapkan bahwa terjadi perubahan yang sangat besar pada sektor ketenagakerjaan dalam 2,5 tahun terakhir ini.

“Tantangan dunia keternagakerjan di industi 4.0 semakin berat. Industri 4.0 membuka peluang terciptanya profesi baru, sementara banyak profesi lama yang mulai tergerus. Sementara itu, terjadi perubahan besar pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan oleh dunia usaha di era transformasi digital ini,” kata Ida dalam sambutannya di acara Puncak Perayaan Hari Buruh Internasional Merajut Kebersamaan Di Hari Yang Fitri.

Ida mengatakan, dalam menghadapi situasi saat ini, baik pekerja, maupun pengusaha dituntut untuk menyesuaikan diri dan berubah dalam melakukan pola kerja. Seperti memperbarui usaha dari tradisional menjadi digital demi mempertahankan keberlangsungan usaha.

Dia mengatakan, untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan kekompakan, soliditas di organisasi pekerja, organisasi pengusaha, maupun pemerintah. Ida yakin melalui kekompakan, dan soliditas, tantangan di bidang ketenagakerjaan bisa dilalui bersama.

“Hal ini telah kita buktikan bersama di masa sulit 2,5 tahun terakhir. Di mana kita bisa melawatinya bersama. Situasi pandemi memberikan kita kesempatan untuk melakukan perbaikan diri, dan menjadi bangsa yang tangguh,” kata dia.

Ida mengatakan, saat ini total keanggotaan serikat pekerja berjumlah 4,2 juta orang. Artinya, masih banyak buruh yang belum bergabung. Ia berharap jumlah tersebut bisa bertambah untuk mendukung aspirasi di dewan Tripartit dan Pengupahan.

“Mari kita berkolaboirasi menghasilkan kesepakatan bersama untuk memajukan dunia usaha melalui forum resmi ini,” lanjut Ida.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, angkatan kerja semakin hari semakin meluas. Untuk itu, pemerintah berupaya untuk memastikan tenaga kerja yang siap pakai menyesuaikan kebutuhan dunia usaha.

“Kita memastikan angkatan kerja kita bisa sejalan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Untuk itu, pemerintah memasukkan kurikulum yang tidak hanya berkaitan dengan pemerintahan, pancasila, dan agama saja, tapi mengenai teknologi, yang mana dulunya supply base menjadi demand base,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, organisasi penyedia lapangan kerja juga diharapkan bisa bekerja sama dengan baik dan memastikan bonus demografi tidak menjadi musibah, tapi sebaliknya menjadi berkah yang mendorong ekonomi Indonesia semakin kuat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm