Jari di tuas rem(tribunnews.com)
Jari di tuas rem(tribunnews.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Ngerem Motor yang Benar untuk Hindari Tabrak Belakang Mobil

2 Mei 2023 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa tabrak belakang bukan cuma terjadi di jalan tol namun juga kerap terjadi di jalan raya. Biasanya yang melakukan tabrak belakang ialah sepeda motor dengan korbannya pengemudi mobil.

Seperti video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, yang memperlihatkan pengendara motor yang berboncengan menabrak mobil di depannya karena kurang antisipasi saat mengerem.

Posisi kecelakaan cukup keras hingga sang pemboceng mental ke depan. Tidak ketahui kelanjutan tabrakan tersebut, tapi ditengarai pengendara motor dan pembonceng baik-baik saja.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengimbau, mengemudi di jalan raya harus ekstra waspada. Mengingat bahaya datang dari orang lain semakin banyak, karena menyepelekan berkendara sambil konsentrasi.

“Makanya sebagai pengendara kita harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Ingat untuk selalu konsentrasi setiap berkendara,” ujar Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, pada dasarnya mengerem mesti tahu kecepatan motornya, karena beda kecepatan beda caranya.

"Motor bisa dikendalikan kalau ada tiga elemen, yang semuanya dikendalikan si pengendara, makanya pengendara harus terampil dan bisa fokus penuh," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Teknik mengerem pelan Saat kondisi motor pelan pada kecepatan di bawah 30 kpj maka pemotor disarankan cuma mengandalkan rem belakang saja.

Saat kondisi sedang yakni kecepatan motor di antara 30 kpj sampai 80 kpj, maka rem yang digunakan ialah kombinasi tiga rem, yaitu rem depan dan belakang, dibantu dengan pengereman mesin (engine brake).

Ketika kecepatan motor sudah di atas 80 kpj, maka sudah masuk dalam katagori kencang. Jusri mengatakan, tekniknya tidak jauh berbeda dengan pengereman di kondisi sedang, hanya saja beda saat awal pengereman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Ngerem Motor yang Benar Hindari Tabrak Belakang Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/02/162100115/cara-ngerem-motor-yang-benar-hindari-tabrak-belakang-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm