Ilustrasi sayur pakis.
Ilustrasi sayur pakis. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Sofina Delva Nurmala)

Untuk Lauk Makan Ketupat, Berikut Resep Gulai Pakis Sumatera Barat

4 Mei 2023 07:06 WIB

SonoraBangka.id - Gulai pakis merupakan masakan khas Sumatera Barat, dibuat dari bahan utama daun pakis muda, santan, dan bumbu rempah-rempah. Gulai pakis dibuat dari bumbu seperti, bawang merah, bawang putih, cabai rawit hijau, kunyit, jahe, daun kunyit, jahe, daun kunyit, batang serai, asam kandis, dan daun jeruk. Gulai pakis dapat dimakan bersama lontong atau ketupat dengan lauk lainnya seperti rendang, kering kentang, dan ayam kalio. Simak resep gulai pakis untuk lauk makan ketupat, dikutip dari buku "Menu Sajian Lontong dan Ketupat" (2020) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep gulai pakis khas Sumatera Barat

Bahan:

500 gram daun pakis muda, petik daun dan batang yang masih muda

600 ml santan kental

50 gram teri tawar medan

50 gram daun ruku-ruku/kemangi

Bumbu yang dihaluskan:

3 sdm bawang merah iris

2 sdm bawang putih iris

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm