ilustrasi jengkol balado.
ilustrasi jengkol balado. ( SHUTTERSTOCK/wisely)

Empuk Dan Tidak Bau Menyengat, Berikut Cara Membuat Jengkol Balado

7 Mei 2023 07:57 WIB

SonoraBangka.id - Aroma sedap jengkol menjadi daya tarik pencinta makanan ini. Salah satu olahan populernya adalah jengkol balado. Jengkol balado mudah dibuat. Ada tiga bahan utama dan bumbu sederhana yang perlu disiapkan. Sebelum mencampurnya dengan sambal, pastikan sudah membersihkan jengkol dan merebusnya lama untuk mengurangi bau menyengatnya. Bila perlu, rendam jengkol dalam air cucian beras selama satu malam untuk mengurangi baunya. Ikuti resep jengkol balado dari buku "All About Jengkol Petai" (2013) oleh Aan Roswaty terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep jengkol balado

Bahan:

300 gr jengkol tua, rebus matang, memarkan

Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Gula pasir secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

10 buah cabai merah besar

7 butir bawang merah

Garam secukupnya

Cara membuat jengkol balado

1. Goreng jengkol rebus hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.

2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan tiga sendok makan minyak sisa menggoreng hingga harum. Masukkan jengkol goreng, beri sedikit gula pasir, aduk dan masak hingga bumbu meresap. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Jengkol Balado Pedas, Empuk dan Tidak Bau Menyengat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/04/150300075/resep-jengkol-balado-pedas-empuk-dan-tidak-bau-menyengat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm