Ramai soal bintik-bintik di telapak tangan, apa itu?(Twitter)
Ramai soal bintik-bintik di telapak tangan, apa itu?(Twitter) ( KOMPAS.COM)

Ramai soal Bintik-bintik pada Telapak Tangan yang Terasa Gatal dan Panas, Penyakit Apa Itu?

9 Mei 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan foto telapak tangan yang mengalami bintik-bintik, ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Twitter ini pada Senin (7/5/2023).  Pengunggah mengatakan, bintik-bintik tersebut terasa gatal, panas, dan bisa menyebar dari telapak tangan kanan ke kiri hingga pada area kaki.

"ALERGI GATAL BINTIK BINTIKgais kalo tangan kaya gini kenapa ya ini gatel panas terus menyebar telapak tangan kanan kiri sama di kaki. aku ntar mau ke dokter tapi kaya bayang bayang dulu ini kenapa biar ntar ga kaget didokter," tulis pengunggah.

Hingga Selasa (8/5/2023) siang, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 1,9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 3.600 komentar dari warganet.

Lantas, apa sebenarnya bintik-bintik pada telapak tangan tersebut?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Ismiralda Oke Putranti mengatakan bintik-bintik yang ada dalam foto tersebut adalah salah satu kondisi iritasi kulit yang disebut sebagai dishidrosis atau pomfoliks.

"Dishidrosis atau pomfoliks adalah salah satu bentuk dermatitis yang dapat terjadi di jari, telapak tangan, dan jari-jari kaki," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Tapi ia mengatakan, hingga saat ini, penyebab pasti dari dishidrosis atau pomfoliks masih belum jelas.

Ismiralda menjelaskan, dishidrosis memiliki gambaran klinis berupa lenting berdinding tebal dan terisi cairan bening.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm