Presiden Joko Widodo saat membuka acara welcoming dinner KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5/2023) malam. Jokowi singgung masalah krisis pangan.
Presiden Joko Widodo saat membuka acara welcoming dinner KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5/2023) malam. Jokowi singgung masalah krisis pangan. ( dok. Sekretariat Presiden)

Singgung Krisis Pangan, Jokowi: 345 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan

16 Mei 2023 08:36 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal krisis pangan dunia. Jokowi mengingatkan ada ratusan juta orang di dunia yang terancam kelaparan akibat krisis pangan.

"Hati-hati di sektor ini (pangan) juga sekarang ini sangat rawan kita tahu krisis pangan di mana-mana 345 juta orang di dunia terancam kekurangan pangan dan kelaparan," kata Jokowi dalam acara pembukaan Sensus Pertanian 2023 secara virtual, Senin (15/5/2023).

Jokowi mengatakan, krisis pangan terjadi akibat perubahan iklim dan kondisi geopolitik dunia karena perang.

Menurut dia, sektor pangan merupakan sektor paling strategis karena mampu menyediakan lapangan pekerjaan.

"Peran yang sangat strategis ke depan dan menyediakan pekerjaan 40 juta orang hidup di sektor ini, ini sudah 29 persen dari angkatan kerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mendukung Sensus Pertanian 2023 dan meminta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian menyukseskan pelaksanaan sensus selama periode 1 Juni sampai 30 Juli 2023.

"Artinya 2 bulan selesai dan setelah itu kita mendapatkan sebuah data yang akurat dan berkualitas," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memperluas penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) di seluruh Indonesia.

Perluasan penggunaan alsintan itu dilakukan untuk menghadapi potensi krisis pangan global.

“Intervensi teknologi mekanisasi sangat penting dalam meningkatkan produksi pangan nasional,” ucap Mentan SYL dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Teknis Ditjen PSP Kementan Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Adapun perluasan penggunaan alsintan tersebut, kata dia, salah satunya dapat dilakukan melalui program Taksi Alsintan.

"Saya berharap pada Maret 2023 nanti, perluasan Taksi Alsintan sudah selesai. Taksi Alsintan harus kami implementasikan untuk membantu petani meningkatkan produksi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Singgung Krisis Pangan, Jokowi: 345 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/15/163000426/singgung-krisis-pangan-jokowi--345-juta-orang-di-dunia-terancam-kelaparan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm