Ilustrasi pembuatan base genep, bumbu dasar tradisional Bali dengan cita rasa yang khas.
Ilustrasi pembuatan base genep, bumbu dasar tradisional Bali dengan cita rasa yang khas. ( SHUTTERSTOCK/EDMUND LOWE PHOTOGRAPHY)

Agar Lezat Sempurna, Berikut 10 Tips Dan Trik Membubui Masakan

18 Mei 2023 07:18 WIB

SonoraBangka.id - Masakan yang nikmat tentu salah satunya dari berbagai bumbu yang dimasukkan untuk menambahkan rasa. Bumbu merupakan bahan penting dalam setiap masakan, seperti bumbu rempah-rempah dan bumbu garam yang harus ada di setiap dapur. Simak tips dan trik bumbui masakan agar lezat sempurna, dilansir dari laman Buzzfeed.com, berikut selengkapnya. B

1. Pelajari perbedaan macam-macam garam

Garam memiliki jenis berbeda seperti garam kosher yang mudah larut dengan cepat dan bagus untuk semua masakan.  Sementara garam meja memiliki tekstur jauh lebih halus dan sedikit saja untuk ditambahkan ke dalam masakan. Garam kasar sebaiknya tidak dibuat untuk membumbui makanan yang dipanggang karena kristalnya terlalu besar untuk larut.

2. Kapan menggunakan lada ditumbuk dan kasar

Lada yang ditumbuk halus paling baik digunakan untuk masakan bersaus, sedangkan lada kasar cocok untuk marinasi daging.

3. Membumbui dari ketinggian

Para koki lebih sering membumbui makanan dengan cara tangan agak sedikit meninggi, supaya mendistribusikan bumbu secara merata dan memastikan tidak terlalu membumbui hanya pada satu area saja.

4. Tumis bumbu untuk mengeluarkan rasa

Tumis bumbu utuh sebelum dihaluskan untuk mengeluarkan aroma. Masukkan ke dalam wajan di atas api sedang agak kecil, diaduk terus sampai keluar aromanya.

5. Gunakan penggiling kopi agar rasa bumbu kuat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm