Gesits Raya E di PEVS 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Gesits Raya E di PEVS 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Erick Thohir Pastikan BUMN Siap untuk Dorong Percepatan Elektrifikasi

20 Mei 2023 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa seluruh perusahaan pelat merah siap mempercepat penetrasi penggunaan kendaran listrik di Indonesia.

Hal ini dilakukan mengingat Indonesia memiliki cadangan mineral bahan baku kendaraan listrik. Lewat kolaborasi BUMN, Indonesia mengambil peran utama dalam industri kendaraan listrik.

"Melalui pameran PEVS 2023 kami hadir langsung menyapa masyarakat untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa kita, Indonesia siap untuk beralih ke kendaraan listrik, kami di BUMN bersinergi membentuk ekosistem dari hulu hingga hilir," ujar Erick, Sabtu (20/5/2023).

Untuk diketahui, saat ini sejumlah perseroan sedang saling bersinergi untuk memberikan edukasi dan mengajak masyarakat beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Lewat booth #PakaiMolis, BUMN menunjukkan bahwa Indonesia kini sudah memiliki ekosistem kendaraan listrik yang sangat komprehensif.

Dengan memaksimalkan cadangan mineral di Indonesia, baterai besutan IBC merupakan produk dalam negeri dengan harga kompetitif.

Sementara pihak PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) memastikan kemudahan bagi masyarakat pemilik kendaraan listrik terkait infrastruktur pendukung pengisian daya.

Selain itu, dari sisi pembiayaan, masyarakat yang ingin beralih menggunakan kendaraan listrik juga diberi berbagai kemudahan dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan pemberian insentif motor listrik sebesar Rp7 juta per unit.

Pada kesempatan serupa, hadir juga dukungan dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) di antaranya BNI, BRI dan Mandiri yang siap memberikan berbagai kemudahan, khususnya terkait skema pembiayaan pembelian kendaraan listrik bagi masyarakat.

"Peralihan menuju transportasi berbahan bakar listrik tentunya akan meningkatkan ketahanan energi nasional," ujarnya.

"Selain dari itu upaya tersebut akan mendukung masa depan transportasi yang jauh lebih murah dan ramah lingkungan," kata Erick lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Pastikan BUMN Siap Dorong Percepatan Elektrifikasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/20/132200115/erick-thohir-pastikan-bumn-siap-dorong-percepatan-elektrifikasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm