Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023(TINO MARTINO)
Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023(TINO MARTINO) ( KOMPAS.COM)

Yamaha Ungkap Alasan Belum Melakukan Pengembangan Motor Baru untuk MotoGP

24 Mei 2023 21:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tim pabrikan Yamaha dalam beberapa musim terakhir mengalami kendala untuk bersaing di papan atas ajang MotoGP. Keadaan ini, tidak terlepas dari masalah pada motornya sendiri yang tidak dikembangkan lagi.

Alasannya, dikatakan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, karena kondisi pasokan komponen dan adanya dampak dari pandemi Covid-19 yang membuat biaya yang sudah disepakati dengan para pemasok jadi berubah.

"Itu dimulai pada musim panas 2020, ketika kami memiliki jenis katup yang identik diproduksi dua pabrikan berbeda. Namun hanya spesifikasi pabrik lama yang dihomologasi," katanya dikutip Speedweek, Rabu (24/5/2023).

"Itu terbukti menjadi beban bagi kami di tahun tersebut. Untuk tahun 2021, kami tidak membuat banyak kemajuan dengan spesifikasi teknis mesin tapi setidaknya kami dapat menyelesaikan masalah katup dengan kembali ke pabrikan andalan," lanjut Jarvis.

Dengan katup yang sudah kembali sesuai regulasi dan keinginan tim, maka untuk tahun 2021 Yamaha tidak melakukan pengembangan lebih lanjut lagi karena komponen dimaksud bisa kembali digunakan.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa tim pabrikan Yamaha sebenarnya berniat untuk melakukan pengembangan mesin pada motor balapnya.

Akan tetapi, karena kekhawatiran mengenai stabilitas, Yamaha memilih untuk menggunakan mesin yang sama dalam tiga musim beruntun.

“Kemudian musim 2022 tiba dan seperti semua pabrikan, kami memiliki niat untuk meningkatkan mesin kami dan melangkah maju dengan pembangkit tenaga yang dimodifikasi,” ujar Jarvis.

“Tapi sebelum musim balap 2022, ada kekhawatiran tentang stabilitas. Jadi diputuskan untuk tidak melakukannya. Berarti mesin kami memiliki tingkat performa yang sama tahun lalu selama tiga tahun berturut-turut,” tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha Ungkap Alasan Belum Kembangkan Motor Baru untuk MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/24/200100815/yamaha-ungkap-alasan-belum-kembangkan-motor-baru-untuk-motogp.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm