Busi NGK(NGK)
Busi NGK(NGK) ( KOMPAS.COM)

Dampak Asal Ganti Busi Mobil, Menyebabkan Mesin Bisa Overheat

27 Mei 2023 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mengganti busi mobil ada aturan mainnya. Tapi bukan berarti pemilik kendaraan tak bisa menggantinya sendiri, selama dilakukan dengan cara yang benar, hal tersebut sah-sah saja dilakukan.

Aturan main yang dimaksud adalah soal jenis dan kode busi yang digunakan. Karena kalau sembarangan pilih, yang ada justru bakal menambah masalah ke depannya.

Paling utama yang diperhatikan saat akan membeli busi baru untuk menggantikan yang lama adalah soal kodenya. Karena hal ini sangat berpengaruh.

"Tiap mobil memiliki kebutuhan yang berbeda. Beda jenis mesin beda juga businya, karena itu perhatikan kode heat range sebelum mengganti busi," kata Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia yang kini berganti nama menjadi PT Niterra Mobility Indonesia, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, secara tak langsung mengartikan bila salah atau kode heat range busi berbeda dari yang seharusnya, bisa menyebabkan masalah baru.

Menurut Diko, bila pemilik mobil asal membeli busi tanpa memperhatikan atau menyesuaikan kebutuhan mesin sesuai rekomendasi pabrikan, besar kemungkinan terjadi overheat.

"Walau busi masuk (bisa dipasang) tapi bila tak sesuai heat range-nya bisa terjadi overheat. Hal ini karena spesifikasi yang digunakan lebih rendah dari yang seharusnya dipakai, dan terjadi ketidakseimbangan pada proses pembakarannya," ujar Diko.

Tiap mesin mobil, lanjut Diko, punya standar sendiri-sendiri. Salah satunya terkait tingkat panas, bila tak sesuai dengan heat range yang dibutuhkan atau lebih rendah, sama saja seperti downspec.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Asal Ganti Busi Mobil, Mesin Bisa Overheat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/27/152200115/dampak-asal-ganti-busi-mobil-mesin-bisa-overheat.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm