Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.(Shutterstock/Xeniya Butenko)
Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.(Shutterstock/Xeniya Butenko) ( KOMPAS.COM)

Apa Sebab Kucing Gemar Mencakar Jok Motor?

28 Mei 2023 16:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kucing jadi salah satu hewan yang kerap kali berurusan dengan manusia. Salah satunya karena kebiasaan kucing yang usil, yaitu suka mencakar jok motor.

Apalagi jika cakar kucing sampai merobek bahan pelapis. Jok motor tidak cuma jadi jelek, namun juga lebih susah kering ketika terkena hujan.

Rupanya ada beberapa sebab mengapa kucing gemar mencakar jok motor, di antaranya karena sifat naluriah kucing yang ingin memberikan tanda batas wilayahnya pada kucing lain.

Selain itu, dengan mencakar jok motor atau benda-benda di sekitarnya, agar kuku kucing akan lebih terasah.

“Kucing ini hewan teritorial sehingga saat menggaruk suatu benda misalnya jok motor, sofa atau karpet itu mereka menandakan teritorial mereka,” ujar Nurul Hafsari, dokter hewan dari DNA Animal Clinic Bogor, kepada Kompas.com (27/5/2023).

Ketika kucing mencakar, pada kukunya terdapat kelenjar yang dapat mengeluarkan bau. Bau ini biasanya cuma kucing saja yang dapat membedakan.

Oleh karena itu, kalau jok motor telah dicakar oleh kucing A, maka kucing lain tidak akan berani melakukan hal yang sama.

Bahkan, Nurul menyebutkan, beberapa jurnal ilmiah menyatakan kebiasaan mencakar ini dilakukan kucing untuk mengeluarkan emosinya.

Di mana saat kucing marah atau bersemangat akan menggaruk-garuk sebuah objek yang sifatnya nyaman di kuku kucing.

Bila kucing berada di rumah atau dekat dengan motor, maka jok motor adalah sasaran empuk menyalurkan kebiasaan hewan ini.

Apalagi jok motor biasanya lebih tinggi dari kucing, namun tetap bisa dijangkau. Dengan sedikit tantangan saat meraihnya, kucing makin mengemarinya.

Kemudian, tekstur jok motor yang tidak terlalu halus juga membuat kucing sangat menikmati saat mencakar.

“Sebenarnya kenapa kucing suka menggaruk-garuk jok motor itu tidak hanya untuk jok motor saja. Ini adalah perilaku alam kucing yaitu mencakar ke benda-benda bertekstur yang sama tinggi. Kalau tingginya pas, maka mereka nyaman untuk menggaruk,” kata Nurul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Kucing Gemar Mencakar Jok Motor?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/28/072100815/mengapa-kucing-gemar-mencakar-jok-motor-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm