Ilustrasi ayam kemangi bumbu kuning yang bisa kamu olah kembali dengan cara dipanggang.
Ilustrasi ayam kemangi bumbu kuning yang bisa kamu olah kembali dengan cara dipanggang. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Aris Setya)

Pakai Ayam Kampung, Berikut Cara Membuat Ayam Buluh Khas Manado

29 Mei 2023 20:40 WIB

SonoraBangka.id - Indonesia memiliki aneka ragam makanan tradisional yang khas dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya yaitu ayam buluh. Ayam buluh merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara, yang dimasak di dalam bilah bambu.  Ayam dimasak dengan aneka rempah Nusantara, seperti serai, daun jeruk, dan daun kemangi.  Pada resep ini, ayam buluh tidak dimasak dengan bilah bambu, melainkan di dalam wadah tahan panas dan dipanggang di dalam oven. Jika kamu kesulitan menemukan bilah bambu, kamu bisa ikuti resep ayam buluh ini. Ikuti resep ayam buluh berikut ini, dikutip dari buku “424 Resep Lauk” (2014) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep ayam buluh

Bahan

1 ekor ayam kampung, cuci bersih dan potong menjadi 10 bagian

10 sdm cabai merah, iris

1 batang serai, iris halus

1 sdm jahe, iris

1 sdm garam

5 sdm daun bawang, iris

2 sdm air jeruk nipis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm