Ilustrasi wanita sedang membersihkan kompor kaca.
Ilustrasi wanita sedang membersihkan kompor kaca. ( DOK.SHUTTERSTOCK/VH-studio)

Berikut 4 Cara Mudah Bersihkan Kompor Kaca Dari Sisa Kerak Makanan

29 Mei 2023 20:52 WIB

SonoraBangka.id - Seperti alat masak atau makan lainnya yang berbahan kaca, kompor kaca juga wajib dibersihkan secara rutin. Biasanya, permukaan pada kompor kaca akan terkena tumpahan, cipratan, hingga noda makanan yang mengering. Tumpahan gosong yang dibiarkan terlalu lama bisa membuatnya menjadi noda membandel dan sulit dihilangkan. Dilansir dari beberapa sumber, simak beberapa cara membersihkan kompor kaca dengan mudah.

1. Gunakan spons dan cuka

Umumnya, kamu bisa secara rutin setiap hari membersihkan kompor kaca. Dilansir dari laman HGTV, gunakan spons atau kain mikrofiber yang dibasahi dengan cuka atau air. Hindari menggunakan sikat pembersih. Lakukan cara membersihkan kompor kaca saat kompor sudah tidak panas.

2. Pakai soda kue

Kamu juga bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di permukaan kompor kaca. Gunakan handuk putih yang sudah direndam dengan air panas, lalu gosokkan dengan campuran cuka dan soda kue. Biarkan campuran cuka dan soda kue selama 10-15 menit atau hingga noda bisa dengan mudah digosok.

3. Gosok dengan pasta gigi

Dalam laman Taste of Home, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan noda membandel. Umumnya, pasta gigi mengandung soda kue. Kenakan pasta gigi pada noda dan diamkan selama 15 menit. Seka dengan kain basah.

4. Semprotkan cuka

Cuka merupakan salah satu bahan yang paling serbaguna untuk disimpan di dapur rumah. Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan lemak baik dan bisa digunakan untuk membersihkan kompor kaca dalam waktu singkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mudah Bersihkan Kompor Kaca dari Kerak Sisa Makanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/29/101300075/4-cara-mudah-bersihkan-kompor-kaca-dari-kerak-sisa-makanan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm