Ilustrasi jambu biji, manfaat jambu biji untuk kesehatan, apakah jus jambu biji bisa digunakan sebagai obat demam berdarah.
Ilustrasi jambu biji, manfaat jambu biji untuk kesehatan, apakah jus jambu biji bisa digunakan sebagai obat demam berdarah. ( SHUTTERSTOCK/MURILO MAZZO)

Bukan Cuma Tomat, Berikut 7 Buah Warna Merah Baik Untuk Kesehatan

30 Mei 2023 18:43 WIB

SonoraBangka.id -  Buah terdiri dari beragam warna. Ada hijau, kuning, merah, ungu, hingga hitam. Kelompok buah berwarna merah mengandung pigmen antosianin dan likopen yang berguna untuk mencegah kanker serta serangan jantung. Sejumlah buah berwarna merah, baik kulit maupun dagingnya, memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Simak ragam buah berwarna merah dan khasiatnya dari buku "The Miracle Of Colors Keajaiban Buah & Sayur Warna Kuning, Orange & Merah" (2018) oleh Dwi Ermawati terbitan Andi Publisher berikut ini.

1. Tomat baik untuk mengontrol gula darah

Tomat bisa dikelompokkan sebagai buah dan sayur. Kandungan nutrisinya terdiri dari vitamin A, B1, C, dan protein. Tomat dapat mengontrol kadar gula darah karena kandungan kromiumnya, juga bermanfaat mengurangi efek karsinogen akibat asap rokok karena kandungan asam klorogenatnya. Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, mencegah penyakit strok, dan mengurangi risiko terkena kanker. 

2. Stoberi baik untuk memutihkan gigi

Buah manis asam bernama stroberi ini biasanya diolah menjadi aneka sajian atau bisa juga dimakan utuh. Stroberi mengandung vitamin C, asam folat, kalium, dan antioksidan. Vitamin C stroberi lebih banyak dibandingkan dengan jeruk, yakni mencapai 95 miligram per buuhnya. Nutrisi dalam stroberi dapat membantu mengobati jerawat, mencegah radang dan alergi, mencegah kerusakan fungsi otak, hingga menekan hipertensi. Stroberi juga berkhasiat memutihkan gigi karena kandungan asam malat yang berfungsi menghilangkan noda di permukaan gigi. 

3. Apel rendah kalori

Tanpa kenal musim, mudah untuk menemukan apel di pasaran dengan beragam varian dan harga. Apel merupakan buah rendah kalori, tidak memiliki kandungan kolesterol dan asam lemak tak jenuh. Buah ini berkhasiat mengurangi risiko strok karena kandungan kaliumnya, menambah energi karena pembentukan gel dari pektin, merawat gigi dan gusi, serta membantu pernapasan karena kandungan antioksidannya.

4. Semangka baik dikonsumsi untuk diet 

Warna kulit semangka memang bukan merah, tetapi daging buahnya berwarna merah terang dan terasa menyegarakan. Zat besi, vitamin B1, protein, kalori, serat, kalsium, hingga vitamin C terkandung dalam semangka. Tingginya kandungan air dalam semangka membuat stroberi termasuk buah rendah kalori yang baik dikonsumsi sat diet. Semangka juga baik dikonsumsi pengidap pnyakit jantung, bisa mengatasi kelelahan, hingga menguatkan tulang.

5. Ceri baik untuk pengidap asam urat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm