Ilustrasi udang matang, udang masak.
Ilustrasi udang matang, udang masak. ( FREEPIK/TOPNTP26)

Bilas Dulu Dengan Air Dingin, Berikut Cara Cepat Bersihkan Udang

1 Juni 2023 07:15 WIB

SonoraBangka.id -  Kamu termasuk pencinta masakan seafood, terutama udang? Jika kamu ingin memasaknya sendiri di rumah. Ada cara membersihkan udang yang cepat. Beberapa orang mungkin akan melakukan membersihkan udang dari membuang cangkangnya dulu. Dilansir dari beberapa sumber, ada cara tepat dan cepat untuk membersihkannya berikut ini. 

1. Bilas udang dengan air dingin

Dilansir dari laman Taste of Home, bilas udang dengan air dingin. Udang perlu dibilas dengan air dingin agar tidak mudah berlendir dan baunya hilang.

2. Buang cangkangnya

Ditambahkan dari laman Bonappetit, cangkang udang dibuang dengan cara menggunting atau merobek di bagian kakinya. Cungkil cangkangnya dengan ibu jari dari arah bawah, seperti mecabut bulu. Pastikan kamu memegang badan udang agar robekan tidak sampai di bagian dagingnya.

3. Gunakan gunting

Kamu bisa menggunakan gunting untuk membuat robekkan pada cangkang udang. Cara ini bisa digunakan dengan cepat dan mudah tanpa perlu menarik cangkang. 

4. Lepaskan kotoran berupa urat hitam

Urat hitam yang membentang di sepanjang punggung udang merupakan kotoran dari saluran pencernaan. Hilangkan kotoran tersebut dengan gunting atau pisau dengan cara dicungkil kemudian tarik perlahan ke atas.

5. Cara bersihkan udang dengan garpu

Kamu bisa menggunakan garpu untuk melepaskan cangkang udang. Caranya tusuk garpu di pinggir punggung dan tarik ke belakang. Dalam hitangan satu sampai tiga, tarik sekuat tenaga agar cangkangnya terlepas sempurna.

6. Bilas kembali dengan air bersih

Setelah kotoran di punggung udang sudah ditarik bersih, bilas kembali agar kotorannya hilang sempurna. Gunakan air bersih untuk membilasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Cepat Bersihkan Udang, Bilas Dulu Air Dingin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/23/130300775/6-cara-cepat-bersihkan-udang-bilas-dulu-air-dingin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm