Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Agus Pahlevi
Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Agus Pahlevi ( Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari )

Banyak Permintaan, Penerbangan Internasional ke Belitung Dibuka Lagi

3 Juni 2023 13:50 WIB

SonoraBangka.id - Agus Pahlevi selaku Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia ( ASPPI), mengapresiasi dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk membuka kembali penerbangan internasional ke Belitung.

"Kami apresiasi sebesar-besarnya, karena memang penerbangan internasional impian masyarakat Belitung. Makanya ini sebuah tanda-tanda kebangkitan kembali pariwisata Belitung. Ketika penerbangan internasional terwujud rencananya Malaysia dan Singapura, pariwisata Belitung akan semakin menggeliat," ujar Agus Pahlevi, Jumat (2/6/2023). 

Agus menyebut, pelaku pariwisata telah memiliki market wisatawan dari kedua negara tersebut. Bahkan saat ini ada wisatawan dari Malaysia dan Singapura banyak yang tertarik, namun terkendala karena penerbangan yang tidak langsung.

"Jadi sudah banyak permintaan saat ini, tetapi karena tidak punya penerbangan langsung, mereka sementara menunda sampai ada penerbangan langsung," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menjanjikan dukungan untuk membuka rute penerbangan internasional ke Belitung saat berkunjung ke Desa Wisata Kreatif Terong, Jumat (2/6/2023).

"Saya akan meminta perizinan dari perhubungan untuk bisa ada penerbangan langsung ke Tanjungpandan," katanya.

Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Agus Pahlevi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi pejabat daerah Belitung saat mengunjungi Desa Wisata Terong, Jumat (2/6/2023). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Rute penerbangan internasional yang dibidik, yakni Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura. Dua negara ini sebelumnya memang sempat memiliki rute penerbangan langsung dari Tanjungpandan.

Menurut Sandi, kini sedang diukur pula potensi permintaan penumpang dari negara-negara tersebut.

Meski menjanjikan mendukung rute penerbangan internasional, ia tetap memberikan syarat bagi Belitung. Syaratnya yakni harus ada event berkelas internasional yang diadakan, baik berupa event olahraga, musik, budaya dan lainnya yang dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara. 

"Jadi provinsi, kabupaten, harus sama-sama menggagas 4-5 event besar olahraga, musik, budaya, maupun sejarah dan sebagainya sehingga bisa menarik wisatawan internasional. Malam ini kami akan cek, kurasi event di Tanjung Pendam dan harapkan bisa di tingkatkan menjadi event berkelas internasional," ujarnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm