Fitur baru untuk mencegah Phishing di Google Gmail
Fitur baru untuk mencegah Phishing di Google Gmail ( GRID.ID)

Google Akan Melakukan Hapus Akun Gmail yang Tidak Aktif, Apa Saja Kriteria Akun Aktif?

3 Juni 2023 17:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Google mengumumkan akan melakukan penghapusan akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun.

Kebijakan penghapusan tersebut akan dilakukan pada akhir Desember 2023 nanti, sehingga pengguna masih diberi kesempatan untuk login ke akunnya sebelum akhir tahun.

Sebagaimana dikutip dari 9to5Google, pengguna yang belum masuk selama minimal 2 tahun ke akun Gmail-nya maka akun akan terhapus termasuk dengan kontennya.

Dengan demikian, selain email tak dapat diakses maka beberapa hal lain yang akan terpengaruh saat email dihapus yakni Kalender, Drive, Dokumen, dan file Workspace lainnya, serta cadangan Google Foto.

Tak akan hapus akun dengan video YouTube

Walau demikian, juru bicara Google menyebutkan, untuk akun dengan video YouTube tidak akan dilakukan penghapusan karena beberapa klip lama mungkin memiliki relevansi sejarah.

“Saat ini, kami tidak berencana menghapus akun dengan video YouTube," kata Juru Bicara Google.

Adapun proses penghapusan akun yang tak aktif pada Desember 2023 akan dilakukan secara bertahap dimulai dari akun yang sudah dibuat, namun tak pernah digunakan lagi.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan beberapa pemberitahuan selama beberapa bulan menjelang penghapusan, baik ke alamat email akun maupun email pemulihan (jika ada)," kata Google dalam pernyataannya.

Penghapusan cuma berlaku untuk akun Google gratis dan bukan yang dikelola oleh bisnis atau sekolah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm