Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023(plasticpollutioncoalition.org)
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023(plasticpollutioncoalition.org) ( KOMPAS.COM)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2023, Simak Sejarah dan Temanya

4 Juni 2023 17:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day.

Peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dunia mengenai pentingnya menjaga dan mengatasi permasalahan lingkungan untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sendiri sudah diperingati sejak 1973, sehingga pada tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-50.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dilansir dari Kompas.com (5/6/2023), peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1972.

Penetapan ini juga memeringati hari pertama konferensi Stockholm yang membahas tentang lingkungan manusia.

Di hari yang sama, PBB juga membentuk program lingkungan hidup atau Environment Programme (UNEP)

Kemudian pada 1973, peringatan ini pertama kali diselenggarakan dengan mengusung tema “Only One Earth”.

Beragam tema pernah diangkat pada tahun-tahun setelahnya, seperti “Only One Future for Our Children” pada 1979 atau “A Tree for Peace” pada 1986.

Pada 1977, Program Lingkungan Hidup PBB menjadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai momentum untuk menonjolkan isu-isu kritis terkait kerusakan lingkungan hidup seperti rusaknya lapisan ozon Bumi, permasalahan limbah berbahaya, dan sebagainya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm