Jangan terlalu lama merendam teh celup, cukup biarkan selama dua hingga lima menit.
Jangan terlalu lama merendam teh celup, cukup biarkan selama dua hingga lima menit. ( SHUTTERSTOCK/Pixel-Shot)

Harum Dan Terasa Sedap, Berikut Ini 3 Cara Seduh Teh Yang Tepat

5 Juni 2023 14:56 WIB

SonoraBangka.id - Menyeduh teh terlihat sederhana. Padahal, cara seduhnya akan memengaruhi rasa teh dan juga aromanya. Cara menyeduh teh tubruk dan teh celup hampir sama, tetapi ada perbedaan pada durasi membuatnya. Simak cara menyeduh teh yang tepat, dibagikan langsung oleh Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, berikut ini.

1. Seduh teh dengan air bersuhu 80 derajat celsius

Teh paling tepat diseduh dengan air panas agar bisa terekstrak maksimal, baik untuk aroma maupun rasanya. Fachri menuturkan, sebaiknya seduh teh dengan air bersuhu minimal 80 derajat celsius

2. Biarkan teh terendam

Baik menggunakan teh celup maupun teh tubruk, biarkan teh terendam dalam air panas selama beberapa menit. "Teh celup cukup direndam dua sampai empat menit, habis itu diangkat ampasnya," ujar Fachri saat ditemui Kompas.com di LTG by Esterakyat, Jumat (2/6/2023). Sementara itu, teh tubruk bisa direndam lebih dari empat menit, tergantung keinginan si pembuat teh. Menurut Fachri, selama ampas teh tubruk tidak menggangu, teh ini boleh saja direndam lebih lama sebelum disaring dan disajikan.

3. Gunakan satu teh untuk satu gula

Perbandingan teh dan gula juga penting diperhatikan, apalagi untuk kamu yang tidak suka seduhan teh natural tanpa gula. Banyaknya gula sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan, tetapi ia menyarankan perbandingan satu sendok teh daun teh kering dengan satu sendok teh gula.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Seduh Teh yang Tepat, Harum dan Terasa Sedap ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/04/170500075/3-cara-seduh-teh-yang-tepat-harum-dan-terasa-sedap-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm